JK Perintahkan Kemenko PMK dan Kemenlu Bahas Pengungsi Rohingya

Dheri Agriesta    •    20 Mei 2015 19:03 WIB
jusuf kalla
JK Perintahkan Kemenko PMK dan Kemenlu Bahas Pengungsi Rohingya
Wakil Presiden Jusuf Kalla--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengungsi Rohingya dan Bangladesh terus berdatangan ke wilayah Indonesia, ribuan pengungsi telah ditampung di dua kabupaten di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Luar Negeri diminta membicarakan teknis masalah ini.

"Wapres sudah memerintahkan pada Kemenko PMK dan Kemenlu untuk membicarakan hal ini lebih teknis. Kemenko PMK akan adakan rapat inter-kementerian untuk membahas itu secara langsung," kata Deputi Seswapres Bidang Politik Dewi Fortuna Anwar di Kantor Wakil Presiden, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2015).

Dewi menyebut, masalah  Rohingya dan Bangladesh merupakan dilema untuk Indonesia. Jika pengungsi yang terombang-ambing ditolak, Indonesia bisa saja dituduh kejam dan tidak memperhatikan aspek kemanusiaan.

Sedangkan jika diterima, akan semakin banyak pengungsi yang merapat ke Indonesia. Pengungsi bisa saja berpikir Indonesia sebagai negara transit yang mau menampung pengungsi.

"Jadi tidak ada penanganan yang mudah. Maka itu dibicarakan, Wapres minta komitmen dari masyarakat internasional untuk betul-betul bekerja sama," kata dia.

Sementara itu, tindakan Filipina untuk membuka diri merangkul pengungsi dianggap sebagai berita bagus. Namun, jarak menjadi permasalahan tersendiri bagi pengungsi.

"Itu kan berita bagus dari Filipina, tapi secara logistik tidak mudah karena Filipina lokasinya jauh. Pengungsi kalau datang melewati selat malaka dan paling dekat itu daerah kawasan ini (Indonesia). Untuk pergi jauh ke Filipina itu tidak mudah, jadi harus dilihat visibilitasnya," jelas Dewi.


(SUR)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

20 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /