Temukan Beras Plastik, Segera Lapor!

Ade Hapsari Lestarini    •    20 Mei 2015 19:16 WIB
kasus beras plastik
Temukan Beras Plastik, Segera Lapor!
Ilustrasi beras -- ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Bogor: Menteri Perdagangan (Mendag) Rahmat Gobel meminta masyarakat untuk segera melapor bila menemukan beras palsu atau beras plastik yang beredar di pasaran.

"Saya mendapat laporan di Karawang ada, tapi belum diuji coba benar tidaknya. Kalau ada yang kasih tahu saya cek langsung. Kita kerja sama dengan bea cukai dan instansi terkait," ujarnya di sela melakukan sidak pasokan dan harga beras di pasar Cibinong, Bogor, Rabu (20/5/2015).

Adapun untuk memastikan beras palsu atau asli, Mendag telah berkoordinasi dengan Badan POM melakukan pengujian. Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengetes beras yang dibeli.

"Cara mengujinya sederhana, kita bakar sampel beras tersebut apakah meleleh atau tidak. Jika meleleh itu beras palsu," jelasnya.

Gobel menambahkan, beras plastik tersebut sementara sedang dicek di laboratorium dan memastikan apakah beras tersebut dari impor atau tidak.

"Sedang kita cek di laboratorium. Badan POM juga sudah mengambil sampel dari berbagai tempat," pungkasnya.

Senada, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengimbau kepada masyarakat agar mengonsumsi beras dalam negeri, untuk menghindari beras palsu tersebut.

"Cintai produk dalam negeri. Menghindari beras palsu, konsumsi beras dalam negeri," singkatnya, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /