Mentan Pastikan Pasokan Beras Jelang Ramadan dan Lebaran Aman

Angga Bratadharma    •    20 Mei 2015 20:03 WIB
beras
Mentan Pastikan Pasokan Beras Jelang Ramadan dan Lebaran Aman
Pasokan beras aman (MI/DEDE SUSIANTI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga melakukan sidak pasokan dan harga beras di pasar Cibinong, Bogor, Rabu 20 Mei.

Mentan Amran mengatakan, pasokan beras pada bulan puasa dan Lebaran dipastikan aman dan masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan beras di pasaran. "Saat ini harga beras stabil. Nanti di bulan puasa dan Lebaran juga stabil karena stok banyak. Kita habis panen raya," jelas Mentan Amran, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Mentan Amran sengaja mengajak Mendag Rachmat dan Menteri UKM Anak Agung untuk ikut sidak pasar melakukan tinjau harga dan ketersediaan beras untuk memastikan bahwa hingga saat ini Indonesia tidak perlu impor beras.

Pada sidak itu, Mentan Amran langsung berdialog dengan pedagang beras di pasar tersebut. Dirinya menanyakan perihal harga dan pasokan di pasaran. "Bulan puasa beras banyak Pak Menteri karena di daerah Grobogan mulai panen. Per kilo dari sana Rp7.200," kata Abun (52), salah satu pedagang yang berjualan beras di pasar Cibinong tersebut.

Dari keterangan beberapa pedagang di pasar Cibinong, Mentan Amran menjelaskan, dari sidak tersebut harga beras masih stabil. "Artinya harga beras murah dan produksi meningkat," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Mendag Rachmat Gobel juga memastikan hingga hari ini rencana untuk impor beras tidak ada, karena memang belum dibutuhkan. Gobel juga menegaskan, keputusan impor belum dikeluarkan lantaran pasokan beras di pasar untuk bulan puasa sampai Lebaran cukup.

"Impor beras itu adalah pilihan terakhir bila benar-benar diperlukan. Sampai hari ini pemerintah tidak mengeluarkan izin impor beras," tegas Mendag.



(ABD)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /