Gara-gara Waduk, 4 Warga Sumedang ini Berjalan Kaki Temui Jokowi

Ismail    •    20 Mei 2015 22:00 WIB
waduk
Gara-gara Waduk, 4 Warga Sumedang ini Berjalan Kaki Temui Jokowi
Keempat warga Sumedang ini akan temui Presiden Joko Widodo di Jakarta. Foto: Metrotvnews.com/Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Empat orang warga yang mengaku terkena dampak pembangunan Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa barat, memutuskan menemui Presiden RI Joko Widodo, di Jakarta, dengan berjalan kaki.

Keempat orang itu adalah Aden Tarsiman, Suharyana, Yayan Taryana, dan Danuri. Mereka berasal dari Kecamatan Darmaraja dan Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

"Tujuan kami hanya satu, bertemu Jokowi. Kita ingin menyampaikan kegelisahan 11.000 Kepala Keluarga di Jatigede," Aden Tarsiman, Rabu (20/5/2015).

Aden mengatakan warga Jatigede kecewa dengan tak transparannya pembebasan lahan untuk pembangunan waduk tersebut. "Penuh kecurangan dan tidak adil," ujarnya.

Rute yang akan mereka tempuh antara lain dari Kecamatan Darmaraja, Sumedang Kota, Jatinangor, Kota Bandung, Padalarang, Cianjur, Puncak, Bogor, Depok, kemudian menuju Jakarta. Waktu tempuh diperkirakan delapan hari.

Mereka akan berjalan memakai pakaian khas Jawa Barat, yakni pakaian pangsi hitam dengan ikat kepala. Mereka berangkat dari Kecamatan Darmaraja, Sumedang, sekitar pukul 07.30 WIB. 

Sebelum berangkat, mereka mampir ke gedung DPRD Sumedang untuk meminta dukungan anggota DPRD. Kemudian, mereka melanjutkan perjalanan.

Tujuan keberangkatan ke Jakarta, kata Aden, mereka ingin mempertanyakan ke Presiden terkait keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan dampak sosial dari pembangunan Waduk Jatigede.

Meskipun hanya modal nekat dan tidak membawa bekal apapun, Aden mengaku niat mereka untuk bertemu Presiden sangat kuat.



(UWA)


Video /