DPR: Pemangkasan Izin Industri Migas Perparah Perizinan

Annisa ayu artanti    •    21 Mei 2015 13:03 WIB
migas
DPR: Pemangkasan Izin Industri Migas Perparah Perizinan
Kompleks Parlemen (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemangkasan dan penyerahan perizinan industri migas dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani sebagai upaya menangani krisis energi dianggap memperparah perizinan.

Hal ini diyakini Ketua Komisi VII DPR RI Kardaya Warnika. Selain memperparah perizinan, Kardaya pun menilai bila hal itu juga bisa membuat perizinan lebih lama. Karenanya, perlu ada langkah lebih dalam untuk memperbaikinya.

"Kemarin ada pemindahan perizinan ke BKPM. Dipindahkan bisa lebih parah lagi, karena yang dihadapi (stakeholder) belum mengerti. Bisa jadi yang tadinya lama perizinan, bisa jadi lama sekali," kata Kardaya, dalam diskusi 'Reforming Oil & Gas Governance towards Achieving National Goals', di The-39th Indonesia Petroleum Association Convention & Expo, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Ia menegaskan, yang diperlukan dalam menangani krisis industri migas saat ini bukan hanya perbaikan-perbaikan saja, melainkan harus melakukan terobosan. "Bahwa ini perlu kita lakukan breakthrough kalau mau selamat. Kalau sekarang belum breakthrough. Eksplorasi belum mendasar," ungkap dia.

Menurutnya, perizinan-perizinan yang dilakukan saat ini masih merupakan perbaikan, dan belum sampai pada perubahan mendasar. "Perizinan masih hanya sekadar perbaikan, kalau mau perbaikan perizinan hilangkan cost recovery, tidak perlu ada izin tender dan lain-lan. Jadi, bukan pemikiran biasa. Ini kalau tidak di breakthrough mati juga industrinya," pungkas dia.

Sebagai informasi, sebelumnya di 2012 perizinan industri migas di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM berjumlah 104, kemudian disederhanakan menjadi 51 izin. Kemudian Mei ini menjadi 41 izin.


(ABD)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /