Kotabaru Terima Rp53 Miliar Dana Desa

Antara    •    21 Mei 2015 13:33 WIB
dana desa
Kotabaru Terima Rp53 Miliar Dana Desa
Ilustrasi. Antara/Aguk Sudarmojo

Metrotvnews.com, Kotabaru: Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, menerima dana desa dari pemerintah pusat sebesar Rp53 miliar, untuk tahap awal dari program satu desa satu miliar. Bupati Kotabaru Irhami Ridjani di Kotabaru, Kamis (21/5/2015) mengatakan, tahap awal program satu desa satu miliar, pemerintah baru mengucurkan dana ke Kotabaru sebesar Rp53 miliar. "Dana tersebut akan dibagikan kepada 197 desa dari 202 desa dan kelurahan di Kotabaru," ujarnya.

Masing-masing desa, lanjut Irhami, diprediksi akan memperoleh dana dari pusat itu sekitar Rp250 miliar. Menurut Irhami, pemerintah pusat akan menggelontorkan dana program satu miliar satu desa secara bertahap dengan pertimbangan keuangan negara, kesiapan sumber daya manusia dan yang lainnya.

Irhami berharap, perangkat desa bisa meningkatkan kemampuan dan profesionalisme kinierjanya, agar tidak ada kesalahan dalam penyelenggaraan pembangunan dan memanfaatkan dana tersebut. "Ada dua yang harus di jaga, pertama perangkat desa jangan sampai masuk penjara dan uang negara jangan sampai hilang," paparnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kotabaru Hasbi M Thawab menegaskan, dana dari pusat tersebut dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama 90 persen dibagi rata dan 10 persen dibagi dengan empat indikator. "Sebanyak 90 persen dibagi rata setiap desa mendapatkan dana sekitar Rp250 juta," tutur dia.

Sedangkan 10 persen yang dibagi berdasarkan empat indikator, yakni, jumlah penduduk, penduduk miskin, keterjangkauan dan sarana infrastruktur di desa. "Jika ditotal ada desa yang mendapatkan Rp250 juta saja ada yang
mendapatkan Rp260 juta, tergantung dari empat indikator tersebut," tukasnya.

Hasbi mengaku tengah mempersiapkan peraturan bupati untuk menetapkan desa dan jumlah dana yang akan diperoleh agar tidak menyalahi aturan.


(WID)


Video /