Plt KPK Tiba-Tiba Datang ke Sidang Praperadilan Hadi Poernomo

Arga sumantri    •    21 Mei 2015 15:09 WIB
hadi poernomopraperadilanpraperadilan kpk
Plt KPK Tiba-Tiba Datang ke Sidang Praperadilan Hadi Poernomo
Plt Pimpinan KPK Johan Budi--MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana tugas pimpinan (Plt) KPK, Johan Budi Prasetyo hadir di sidang praperadilan mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo. Johan memastikan kedatangannya bukan sebagai saksi ahli, tapi hanya untuk melihat jalannya sidang.

"Kedatangan ini untuk memberi dukungan moril kepada teman-teman. Karena kita tahu beberapa waktu lalu gelombang praperadilan ini menimpa KPK. Biar semangat teman-teman tetap terjaga," kata Johan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2015).

Johan mengaku optimis bisa memenangkan praperadilan kali ini. KPK, sambung dia, memiliki strategi belajar dari kekalahan praperadilan kasus mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. "Setelah kekalahan kami kemarin, kita ada strategi baru. Putusan kemarin mengubah strategi kami dalam menghadapi praperadilan, teman-teman lihat saja nanti di pengadilan seperti apa," tambah Johan.

Agenda sidang gugatan praperadilan Hadi Poernomo hari ini adalah mendengarkan keterangan saksi ahli dari pihak termohon (KPK).

Selasa 12 Mei lalu, KPK kalah dalam sidang gugatan praperadilan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan penetapan tersangka Ilham oleh KPK diputuskan tidak sah.

"Menetapkan penetapan tersangka tidak sah, menyatakan tidak sah penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan, tidak sah pemblokiran rekening atas nama pemohon," kata Hakim Tunggal Yuningtyas Upiek di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya.

Salah satu poin Hadi Poernomo mengajukan praperadilan, karena KPK dianggap tidak berwenang menyidik kasus keberatan pajak.

Tanggal 21 April 2014, KPK menetapkan Hadi Poernomo sebagai tersangka dugaan korupsi penerimaan seluruh permohonan keberatan wajib pajak, atas Surat Ketetapan Pajak Nihil (SKPN), Pajak Penghasilan Badan PT BCA Tbk tahun pajak 1999.


(YDH)


Kepolisian Liverpool Dinilai Tidak Becus

Kepolisian Liverpool Dinilai Tidak Becus

9 hours Ago

Pengacara yang mewakili dua ultras Roma tersangka penganiayaan suporter Liverpool menyatakan ke…

BERITA LAINNYA
Video /