Rudi Ditangkap, Sutan Gagal Terima Duit Tambahan dari WK

Renatha Swasty    •    21 Mei 2015 15:31 WIB
sutan bhatoegana
Rudi Ditangkap, Sutan Gagal Terima Duit Tambahan dari WK
Sutan Bhatoegana--Ant/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Sutan Bhatoegana gigit jari lantaran Rudi Rubiandini ditangkap. Sutan nyaris mendapat duit tambahan jika Kepala SKK Migas itu tak ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hal itu diceritakan mantan Kepala Biro Keuangan Kementerian ESDM Didi Dwi Sutrisnohadi dalam sidang lanjutan terdakwa Sutan Bhatoegana di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan. Mulanya, Waryono Karno menanyakan apakah Didi sudah menerima kiriman uang dari SKK Migas untuk keperluan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR. "Saya bilang belum," ungkap Didi saat bersaksi, Kamis (21/5/2015).

Tak lama menunggu, Hermawan yang merupakan suruhan dari SKK Migas datang mengantar duit buat Waryono. Nama Hermawan diketahui Didi dari penyidik. Hermawan awalnya tak mau memberikan bungkusan tersebut. Tapi setelah dipaksa, Hermawan akhirnya memberikan bungkusan berisi uang.

"Saya bilang, saya ini Kabiro masa kamu enggak percaya? Setelah saya itung ini 50. (USD50 ribu)," beber Didi.

Usai pemberian itu, Didi lantas menyiapkan amplop seperti sebelumnya dengan kode 'P', 'S' dan 'A'. Lalu ia melaporkan uang pemberian Herman pada Waryono. Saat itu Waryono menyebut uangnya terlalu sedikit.

"Kata Pak Sekjen kok kecil amat? Nanti enggak berkenan nanti marah," ucap Didi menirukan kata-kata Waryono.

Didi kembali menunggu kiriman uang. Namun sampai sore kiriman tak kunjung datang. Akhirnya, ia menyusul Waryono yang kala itu sudah lebih dulu ke DPR. Sesampainya di DPR, ia menyampaikan uang kiriman hanya USD50 ribu. Waryono pun terdiam.

"Pak Hilman (orang KESDM) merapikan itu, terus bilang Pak Didi, kata Pak Sekjen simpan di tempat Pak Didi saja. Saya simpan di laci kerja saya," sebut dia.

Uang terus disimpan Didi di ruang kerjanya. Uang tak jadi diberikan kepada Sutan lantaran mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini ditangkap KPK. Duit pun tak jadi masuk ke saku Sutan tapi kembali ke kas negara.


(TII)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /