Status Perjaka Sophian Berbuntut Bala

Dheri Agriesta    •    21 Mei 2015 17:20 WIB
hakim agung
Status Perjaka Sophian Berbuntut Bala
Sophian Martabaya----MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Hakim Adhoc Tipikor Mahkamah Agung, Sophian Martabaya, dapat hukuman 13 bulan dilarang terlibat dalam persidangan. Gara-garanya, pencantuman status perjaka di kartu tanda penduduk yang dibikin buat menikahi istri ketiga. Status itu kemudian dilaporkan Indra Iriansyah, terpidana kasus korupsi yang bertemu dengan dia di Galeri Kafe, Taman Ismail Marzuki.

Sophian menuturkan, pemalsuan dokumen perjaka dilakukan buat KTP. Kata dia, pemalsuan data dilakukan agar keluarga istri tak tahu dirinya menikah kembali.

"Saya tidak ingin menyakiti ipar saya, walaupun istri saya sebenarnya telah mengizinkan dan tahu akan menikah kembali. Kalau pakai KTP yang lama saya menikahnya di kelurahan Matraman, itu nanti keluarga istri saya tahu," kata Sophian dalam sidang di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (21/5/2015).

Oleh karena itu, Sophian meminta bantuan perantara membuat KTP baru di Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas. Beberapa data seperti tahun kelahiran, status perkawinan, dan pekerjaan dibuat tak sesuai dengan aslinya.

Saat KTP baru jadi, Sophian mengaku tak mengecek kekeliruan itu. Setelah selesai, KTP dia serahkan ke calon mertua untuk diproses sebagai syarat pernikahan. Tak dinyana, status perjaka terpampang di KTP.

"Pernyataan perjaka itu sebenarnya surat dari KUA, saya disodori surat oleh penghulu untuk ditandatangani. Saya hanya tandatangan agar terpenuhi syarat untuk menikah saat itu," kata Sophian.

Rupanya, pemalsuan status perjaka ini yang kemudian jadi bala. Majelis Kehormatan Hakim kemudian menjatuhkan hukuman 13 bulan nonpalu kepada Sophian Martabaya.

Sophian terbukti melakukan sejumlah pelanggaran seperti menikah lebih dari satu kali saat berstatus sebagai Hakim Adhoc dan pegawai negeri sipil. Sophian juga memalsukan data dokumen untuk mempermudah pernikahan.


(TII)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /