Myanmar Dituding Sebagai Sumber Masalah Pengungsi Rohingya

Fajar Nugraha    •    21 Mei 2015 17:21 WIB
rohingya
Myanmar Dituding Sebagai Sumber Masalah Pengungsi Rohingya
PM Australia Tony Abbott sebut Myanmar biang masalah Rohingya (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Canberra: Keran pengungsi Rohingya deras ke Indonesia, Malaysia dan Thailand. Perdana Menteri Australia Tony Abbot, menuding sumber masalah ini adalah Myanmar.

"Pada akhirnya, penyebabnya adalah Myanmar. Di Myanmar persoalan ini bermula," kata Abbott, seperti dikutip ABC Australia Plus, Kamis (21/5/2015).

Namun Abbott lebih jauh menjelaskan Australia bersedia memberikan bantuan tambahan kepada Myanmar. "Australia selalu menjadi warga internasional yang baik, jika dimintai tolong, kami dengan senang hati membantu," tuturnya.

Bantuan tambahan ini berjumlah 6 juta dolar Australia ditujukan untuk proyek kemanusiaan di Rakhine yang banyak dihuni oleh etnis Rohingya.

Secara terpisah, Menteri Sosial Australia Scott Morrison menyatakan, menempatkan para pengungsi Rohingya di Australia dalam skala besar sangat mustahil.

"Ingat, jumlah warga Rohingya di Myanmar itu lebih dari satu juta orang. Tidak ada negara yang akan menampung sejuta orang Rohingya," ujar Menteri Morrison.

"Jadi jika ada yang mengatakan bahwa jawaban atas permasalahan ini adalah dengan menempatkan mereka di negara ketiga, saya kira orang itu tidak mengerti persoalan. Inilah adalah permasalahan ASEAN dan khususnya Myanmar," tambahnya.
 


(FJR)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /