Kebijakan Menteri Susi akan Berdampak pada Eksplorasi Migas

Annisa ayu artanti    •    21 Mei 2015 18:03 WIB
migas
Kebijakan Menteri Susi akan Berdampak pada Eksplorasi Migas
Blok Mahakam. Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Komite Eksplorasi Nasional, Andang Bachtiar mengatakan, kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam melakukan konservasi wilayah laut akan berdampak pada eksplorasi indusri migas Indonesia.

"Kebijakan Ibu Susi empat mil laut, eksplorasi habis kita," kata Andang, saat diskusi 'Reforming Oil&Gas Governance towards Achieving National Goals' di The 39th Indonesia Petroleum Association Convention & Expo, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Andang mengatakan, karakter migas dengan tambang sangat berbeda, tetapi dari dampak bahaya terhadap pesisir dan lautnya sama.

"Karakter oil and gas berbeda dengan tambang. Dari sisi bahaya memang luar biasa. Waktu blow out rusak pesisir 1-4 mil," ujarnya.

Menurut Andang, sebelum kebijakan tersebut diterapkan, sebaiknya mempertimbangkan mana yang harus dilindungi mana yang tidak.

"Kita ingin lihat concern dunia kelautan dan migas bagaimana. Mana yang harus dilindungi mana yang tidak. Isu besar, ada pembahasan. Peraturan pemerintah soal larangan eksplorasi. Saya dapat input. Karena Agustus mau diundangkan," tukas dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan wilayah eksplorasi yang akan terkena dampak kebijakan tersebut salah satunya adalah Blok Mahakam, Kalimantan Timur yang akan digarap PT Pertamina (Persero). "Karena itu berada di jarak 0-4 mil. Saya rencananya mau bikin plot saja. Jarak dari pinggir pantai berapa, kalau itu tidak dibolehkan, berapa produksi Indonesia yang turun," pungkas dia.


(WID)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

9 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /