Dipenjara Karena Kacang, Putri Petinggi Korean Air Akhirnya Bebas

Fajar Nugraha    •    22 Mei 2015 11:17 WIB
korea selatan
Dipenjara Karena Kacang, Putri Petinggi Korean Air Akhirnya Bebas
Heather Cho akhirnya bebas (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Seoul: Mantan petinggi maskapai Korean Air yang mengamuk hanya karena masalah kacang, akhirnya dibebaskan setelah menang di pengadilan banding. Heather Cho sebelumnya dipenjara sejak Februari lalu.
 
Cho sedianya diharuskan untuk menjalani hukuman penjara satu tahun. Tetapi dengan kemenangan di pengadilan banding ini, membuatnya bebas lebih cepat.
 
Perempuan yang juga putri dari direktur perusahaan Korean Air ini, divonis melanggar keselamatan pesawat. Ini terjadi setelah dirinya memerintahkan pesawat Korean Air yang lepas landas di New York, Amerika Serikat (AS) karena marah melihat pramugari menyajikan kacang tidak menggunakan piring di penerbangan kelas satu.
 
Namun pengadilan di Korea Selatan (Korsel) menilai Cho tidak melakukan perubahan dalam rute penerbangan. Akhirnya kurungan penjaranya dikurangi 10 bulan. Tetapi Cho masih dianggap bersalah karena menggunakan kekerasan terhadap pramugari. 
 
Cho yang juga memiliki nama Cho Hyun-ah mengkonfrontir pramugari yang menyediakan kacang di penerbangan kelas satu, tanpa menggunakan piring. Dia kemudian memerintahkan pesawat kembali ke terminal Bandara JFK, untuk menurunkan kepala pramugari.
 
Sejak ditangkap pada 30 Desember 2014, Cho menjalani masa tahanannya. Pada Februari 2015 lalu, dia dakwa dan divonis penjara satu tahun.
 
Salah satu Hakim dalam persidangan mengambil keputusan bebas ini, karena menganggap Cho ini adalah kejahatan pertama Cho. 
 
"Sepertinya, dia akan tetapi hidup di bawah kritikan dan stigma negatif dari masyarakat," ujar hakim di persidangan, seperti dikutip BBC, Jumat (22/5/2015).
 
Kasus ini menarik perhatian di Korea Selatan. Warga melihat akan adanya perlakuan khusus kepada Cho karena keluarganya merupakan klan pengusaha ternama di Negeri Gingseng.



(FJR)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /