Pisang Non-Organik Mengandung Produk Hewani?

   •    22 Mei 2015 11:28 WIB
kuliner
Pisang Non-Organik Mengandung Produk Hewani?
Pisang non-organik mengandung produk hewani? (Foto:realfood.tesco.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Produk vegetarian seperti buah-buahan atau makanan lain yang umumnya tidak mengandung produk hewani ternyata belum tentu aman. Bahkan, buah pisang yang dianggap sebagai makanan sempurna untuk vegetarian rupanya belum tentu terbebas dari unsur hewani.

Lalu apa saja daftar makanan vegetarian yang sebenarnya juga bisa mengandung produk hewani?

- Sup miso
Sup miso adalah masakan Jepang berupa sup dengan bahan dasar dashi ditambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau sayur-sayuran, dan diberi miso (fermentasi rebusan kedelai, beras atau campuran keduanya dengan garam) sebagai perasa.
Untuk diet vegetarian, sup miso biasanya hanya berisi tahu dan sayuran. Namun, makanan ini lebih sering dicampurkan dengan dashi (air, rumput laut dan ikan serpih) untuk menciptakan rasa yang kuat.

- Keju parmesan
Meski keju parmesan dianggap tidak banyak mengandung rennet (enzim yang dihasilkan dari kapisan perut anak sapi), namun fakta menunjukkan bahwa keju parmesan rupanya menganduk banyak rennet. Rennet bahkan muncul pada keju Pecorino Romano, Grana Padano dan Gorgonzola.

- Buah ara atau buah tin
Buah ini mungkin berisi serangga seperti lebah yang telah mati di dalamnya. Hal ini lantaran lebah sangat menyukai buah ini sehingga menempel dan mati di dalam buah. Namun, ketika Anda menggigit buah ini, Anda tidak akan melihat ada lebah mati di dalamnya.

- Pisang
Pisang non-organik biasanya disemprot dengan pestisida yang mungkin mengandung unsur-unsur hewani. Science Daily mengungkapkan, pisang non-organik mengandung pestisida Chitosan untuk mencegah pisang dari pematangan yang terbuat dari udang dan kepiting. Jadi, sebaiknya polih pisang organik untuk memastikan keamanannya.

- Permen merah
Permen merah atau makan lain yang diwarnai dengan pewarna merah umumnya lebih sering mengandung produk hewani. Jika Anda gemar makan permen, pilihlah permen yang terbuat dari pewarna alami.

- Jus jeruk
Jus jeruk sering disebut baik bagi kesehatan jantung. Namun, banyak yang mengklaim bahwa jus jeruk mengandung asam lemak omega-3 yang berasal dari minyak ikan. Pastikan Anda memeriksa kandungan yang ada dalam jus jeruk. Agar lebih aman, buat jus jeruk sendiri di rumah.

- Sereal
Beberapa sereal yang berlapis gula dan mengandung gelatin daging sapi yang diekstrak dari kulit, tulang dan jaringan ikat hewan banyak beredar di pasaran. Pastikan Anda lebih teliti saat memilih sereal sebagai menu sarapan Anda.

- Marshmallow
Makanan ini secara tradisional dibuat dengan bubuk akar marshmallow. Namun, produk yang diproduksi secara komersial umumnya menggunakan gelatin dalam resep mereka. Gelatin merupakan campuran antara peptida dengan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang.

- Pesto
Pesto adalah sejenis saus dari Italia yang biasanya dianggap sebagai makanan khas daerah Liguria di Italia utara. Bagi para vegetarian, makanan ini mungkin tampak seperti produk yang ramah, namun sebenarnya tidak. Saus kemangi dan kacang pinus sering mengandung Pecorino Romano dan Grana Padano, yang dibuat dengan lapisan perut anak sapi. Pilihlah produk organik dan lebih alami tanpa bahan yang membahayakan untuk Anda, para vegetarian. (Ningtriasih/Dailymail)


(LOV)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /