Triwulan I/2015, Remitansi BRI Capai USD9,6 Miliar

Dero Iqbal Mahendra    •    22 Mei 2015 11:35 WIB
perbankan
Triwulan I/2015, Remitansi BRI Capai USD9,6 Miliar
Ilustrasi. Antara/Mohammad Ayudha

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja Fee Based Income (FBI) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) pada kuartal I mengalami peningkatan sebesar 41,6 persen secara tahunan (yoy) atau menjadi sebesar Rp1,7 triliun.

Corporate Secretary Bank BRI Budi Satria mengatakan, perseroan berupaya meningkatkan kinerja bisnis remitansi (remittance) sebagai salah satu penyumbang perolehan FBI, dimana tahun ini BRI menargetkan peningkatan sedikitnya 25 persen yoy untuk bisnis remitansi.

Hingga akhir triwulan I/2015, lanjut Budi, FBI yang disumbang dari sektor ini mencapai Rp20 miliar atau tumbuh 42,8 persen dari triwulan I/2014. Sedangkan jumlah transaksi remitansi yang menggunakan BRIFast mencapai 1,1 juta transaksi, tumbuh 42,9 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, dengan kenaikan nominal transaksi menjadi Rp160,2 triliun, naik 50 persen (yoy) dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp107,1 triliun.

"Nominal transaksi BRIfast Remittance sebesar Rp160,2 triliun selama triwulan I/2015 tersebut terdiri dari transaksi outgoing (dari dalam ke luar negeri) sebesar Rp86,8 triliun, sedangkan transaksi incoming (dari luar ke dalam negeri) sebesar Rp73,4 triliun," tutur Budi dalam keterangan resminya, Jumat (22/5/2015).

Budi menjelaskan, saat ini market share BRI di sektor remitansi secara nasional mencapai 19 persen, dan diharapkan diakhir tahun nanti bisa menjadi 20 persen. "Adapun transaksi remitansi BRI mayoritas berasal dari negara Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Korsel," ujarnya.

Budi menambahkan, BRI optimistis target pertumbuhan kinerja bisnis remitansi sebesar 25 persen akan terlampaui. "Untuk merealisasikan target pertumbuhan tersebut, disamping melalui peningkatan jumlah jaringan unit layanan remitansi (counterpart dan remittance representative), BRI juga akan mengembangkan sistem ke arah layanan mobile untuk lebih meningkatkan kemudahan bertransaksi bagi nasabah BRIFast Remittance," pungkas Budi.


(WID)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /