PJBG Tambah Pendapatan Negara Rp29,5 T

Annisa ayu artanti    •    22 Mei 2015 13:08 WIB
gas
PJBG Tambah Pendapatan Negara Rp29,5 T
Ilustrasi. Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan penandatanganan lima kesepakatan jual beli gas bumi (PJBG). Dari penandatangan tersebut negara mendapatkan pendapatan tambahan sebesar Rp29,5 triliun.

"Perjanjian ini berpotensi memberikan tambahan penerimaan negara sekitar USD2,266 miliar atau setara Rp29,5 triliun selama masa kontrak berlangsung," kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi, dalam diskusi di acara The 39th Indonesia Petroleum Association Convention & Expo, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Adapun perjanjian pertama yaitu Amandemen III Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Santos Pty Ltd dengan PT Indonesia Pawer dengan pasokan sebesar 29 Bilion British Thermal Unit Per Day (BBTUD). Kontrak ini dijalankan selama sepuluh tahun sejak tahun 2009.

Kedua, Amandemen I PJBG antara CNOOC dengan PT Pertamina Hulu Energi ONWJ dengan pasokan sebesar 1 BBTUD kontrak tersebut dilakukan selama dua tahun. Ketiga, PJBG antara Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) dengan PT Petrokimia Gresik sebesar 85 BBTUD selama sepuluh tahun. Keempat, Amandemen II PJBG antara HCML dengan  PT Perusahaan Gas Negara sebesar 20 BBTUD selama 20 tahun.

Kelima, Amandemen II PJBG antara HCML dengan PT. Inti Alasindo Energy sebesar 40 BBTUD selama 20 tahun.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan pemanfaatan seluruh gas bumi yang ada dalam kontrak ini telah sejalan dengan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) No 03 Tahun 2010 tentang Alokasi dan Pemanfaatan Gas Bumi untuk Pemenuhan Dalam Negeri dengan Prioritas untuk pupuk, kelistrikan, dan industri.

"Semua itu untuk sektor kelistrikan, diharapkan dapat mendukung peningkatan rasio elektrifikasi. Selain itu, akan menurunkan beban subsidi pemerintah akibat migrasi pemakaian BBM ke gas bumi," pungkas dia.


(WID)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /