Polres Kota Depok Tak Temukan Beras Plastik

Intan fauzi    •    22 Mei 2015 13:13 WIB
kasus beras plastik
Polres Kota Depok Tak Temukan Beras Plastik
Polisi melakukan razia beras. (Foto: Antara/Didik Suhartono)

Metrotvnews.com, Depok: Polres Kota Depok hingga saat ini belum menemukan beras plastik yang beredar di Bekasi dan Bogor. Masyarakat yang menemukan beras plastik diimbau segera melaporkannya ke polisi.
 
"Sejauh belum ada laporan masyarakat terkait beras sintetis. Hasil penelusuran kami juga belum menemukan. Mudah-mudahan tidak merambah ke Depok," kata Humas Polres Depok, Ipda Bagus Suwardi, kepada Metrotvnews.com di kantornya, Jalan Margonda Raya, Depok, Jumat (22/5/2015).
 
Ia mengakui isu beras plastik menimbulkan keresahan di Kota Depok. Namun dia yakin semua pihak akan mewaspadai peredaran beras berbahaya itu. “Pemerintah dan polisi sudah bergerak mengantisipasi agar beras ini tidak menyebar. Masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Polres kota Depok merasa prihatin dengan temuan beras plastik di beberapa wilayah. Menurut Bagus, beras itu merugikan masyarakat.

"Kasihan masyarakat. Ayam saja makan plastik mati, apalagi orang. Jika masuk ke tubuh manusia susah dicerna, yang bersangkutan bisa mengidap penyakit sulit disembuhkan," imbuh Bagus.

Sebelumnya, Pemkot Bekasi telah mengumumkan hasil laboratorium terkait beras plastik. Dari dua sampling 250 gram bahan yang dites, ditemukan karakteristik fisik yang identik. Kedua sample dilihat menggunakan alat spectrum. Dalam beras ditemukan senyawa polyvinyl chloride, bahan baku pipa plastik.
 
Dari hasil pembacaan sample, ditemukan juga senyawa BBP (Benzyl Butyl Phtalate), DEHP (Bis 2-ethylhexy phtalate), DINP (diisonony phtalate). Senyawa tersebut identik dengan pelentur bahan polyvinyl.


(FZN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

23 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /