Selidiki Pengedar Beras Plastik, Polri Periksa Sejumlah Pihak

Lukman Diah Sari    •    22 Mei 2015 13:23 WIB
kasus beras plastik
Selidiki Pengedar Beras Plastik, Polri Periksa Sejumlah Pihak
Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok sidak beras plastik. Foto: Ant/Indrianto Eko Suwarsono.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri bertindak cepat untuk mencegah keresahan masyarakat akibat beredarnya beras plastik. Polri bersinergi dengan sejumlah kementerian untuk mengungkap pengedar beras itu. Beras plastik pertamakali ditemukan seorang warga di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigen Agus Rianto menjelaskan, sampel beras sintetis telah dikirim ke Badan Pengawas Obat dan Makanan. Pihaknya belum mendapatkan hasil analisa sampel tersebut.

"Sampai kemarin belum terima hasil (analisanya). Masih menunggu hasil Badan POM. Kita masih memproses itu," ujar Agus Rianto di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2015).

Agus menjelaskan, untuk menuntaskan kasus ini pihaknya telah memeriksa sejumlah orang.  "Kita memeriksa beberapa orang. Dari importir, pedagang ada, kita koordinasi dengan Badan POM. Nanti kita komunikasikan dengan ahli."

Agus meminta masyarakat tidak resah terkait berdarnya beras sintetis. Apabila ada hal-hal di luar kebiasaan, ia meminta warga melaporkan ke polisi agar segera bisa ditindaklanjuti. 

Beras plastik pertama kali ditemukan oleh warga Bekasi, Dewi Setiani. Penemuannya itu langsung ia sampaikan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi. Dari hasil uji laboratorium Sucofindo dipastikan beras 
mengandung senyawa polyvinyl chloride dalam beras. Senyawa kimia berbahaya bagi tubuh ini identik terdapat pada pipa dan kabel.


(DOR)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /