Alat Pengolah Sampah Meledak, Seorang Petugas Luka Serius

Kuntoro Tayubi    •    22 Mei 2015 20:34 WIB
ledakan
Alat Pengolah Sampah Meledak, Seorang Petugas Luka Serius
Seorang karyawan menunjukkan alat pengolah sampah yang meledak di Brebes, Metrotvnews.com/ Kuntor Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Sebuah alat pengolah sampah yang dikenal dengan sebutan mini heather yang berada di lokasi tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Kelurahan Gandasuli, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah meledak.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun seorang petugas Takrip (50) mengalami luka bakar serius. Ia kemudian dilarikan langsung ke Jakarta untuk dirawat.

Sebenarnya alat pengolah sampah ini masih dalam tahap ujicoba selama kurang lebih enam bulan. Pemkab Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU dan Taru) pun belum melakukan kesepakatan dengan pihak pembuat alat tersebut untuk dibeli.

“Terjadinya insiden ini menjadi pertimbangan DPU dan Taru untuk tidak membeli alat tersebut. Soalnya, baru tahap ujicoba saja sudah terjadi insiden. Alat ini ditawarkan oleh pihak ketiga kepada kami untuk pengolahan sampah terpadu,” kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPU danTaru, Sutaryono saat dihubungi, Jumat (22/5).

Sebelumnya petugas di lokasi TPST Gandasuli, Sutirman (49) menjelaskan, mini heather meledak pada Rabu (20/5) sekitar pukul 13.30 siang. Seorang petugas yakni Takrip (50)  saat mengisi air dalam mini heather tersentak kaget karena tiba-tiba alat tersebut meledak dan mengeluarkan api. Bahkan, tutup alat mini heather sampai terbang.

“Selain itu Kwh meter juga sebelumnya meledak. Alat pengolah sampah ini satu paket dan kualitasnya kurang baik. Terbukti, alat itu masih diujicobakan ternyata mengalami insiden semuanya,”kata Sutriman.

Beta (19) karyawan dari CV Sumber Nusa Lestari, Kota Bekasi yang bertugas di TPST Gandasuli mengakui terjadinya insiden alat pengolah sampah mini hether yang masih diujicobakan.

“Rekan saya saat itu mengisi air ke dalam mini heather tapi tiba-tiba meledak,” kata Beta.
 


(RRN)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /