YLKI: Kemendag Harus Bergerak Cepat Sikapi Peredaran Beras Plastik

Achmad Zulfikar Fazli    •    23 Mei 2015 05:46 WIB
YLKI: Kemendag Harus Bergerak Cepat Sikapi Peredaran Beras Plastik
Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi. (Foto: MTVN/Meilikhah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Kementerian Perdagangan (Kemendag) dapat bergerak cepat mengatasi peredaran beras plastik. Sebab, YLKI telah mendapati banyaknya laporan soal peredaran beras dengan baham berbahaya ini.

Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan, seharusnya Kemendag sudah dapat bertindak, karena dari hasil uji laboratorium Sucofindo positif adanya kandungan plastik pada sampel beras di Bekasi.

"Hasil Sucofindo ini juga bisa menjadi titik point untuk menelusuri, sudah bisa bergerak karena ini kebutuhan pokok telah tercambur dengan barang-barang berbahaya," kata Tulus di Jakarta, Sabtu (23/5/2015).

Tulus meminta Kemendag agar tidak berlama-lama melakukan tindakan, sebelum adanya masyarakat yang menjadi korban, akibat mengkonsumsi beras yang diduga mengandung senyawa polyvinyl chloride atau bahan baku pipa plasti ini. Apalagi, YLKI menerima laporan beras ini juga telah beredar di Depok dan Bogor.

"Jangan menunggu terlalu lama dan potensi korban menjadi lebih banyak berjatuhan," tegas dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi mengungkapkan hasil uji laboratorium Sucofindo beras yang diduga dioplos dengan plastik. Hasil lab membutikan beras yang ditemukan itu positif senyawa plastik.

"Dari dua sampling 250 gram bahan yang dites di Sucofindo ditemukan karakteristik fisik yang identik. Kedua sampel dilihat menggunakan alat spectrum. Dalam beras ditemukan senyawa polyvinyl chloride, bahan baku pipa plastik," ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kamis 21 Mei 2015. 

Dari hasil pembacaan sampel ditemukan juga positif mengandung senyawa BBP (Benzyl Butyl Phtalate), DEHP (Bis 2-ethylhexy phtalate), DINP (diisonony phtalate). Senyawa tersebut identik dengan pelentur bahan polyvinyl.

Kasus beras plastik ini pertama kali ditemukan oleh warga Mutiara Gading Timur, Dewi Setiani dan disampaikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi.
(AZF)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

4 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /