RAPP Rogoh Rp4 Triliun Bangun Paper Machine 3

Husen Miftahudin    •    23 Mei 2015 09:50 WIB
perindustrian
RAPP Rogoh Rp4 Triliun Bangun Paper Machine 3
Menteri Perindustrian Saleh Husin melihat hasil produksi kertas PT RAPP merek Paper One disaksikan Direktur APRIL Anderson Tanoto dan Manajer Operasi Pulp PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Eduward Ginting (Foto: dokumen Kemenperin)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melakukan ekspansi dengan membangun pabrik kertas atau Paper Machine (PM) 3 di Pangkalan Kerinci, Pelalawan Riau. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak ekspor kertas yang saat ini masih terbilang kecil.

Presiden Direktur RAPP Tony Wenas mengatakan, investasi pembangunan PM 3 ini mencapai Rp4 triliun. Diprediksi, pembangunan PM 3 untuk produksi kertas ini akan selesai pada September. Ia menjelaskan, saat ini kapasitas produksi RAPP sebanyak 2,8 juta ton pulp dan 820 ribu ton kertas dengan kecepatan produksi menembus 1,4 km per jam. 

"Pabrik terbaru ini akan menambah kapasitas sebesar 250 ribu ton per tahun berupa high grade digital paper," ungkap Tony, melalui keterangan tertulis, Sabtu (23/5/2015).

Menurut dia, penambahan pabrik ini menjadi wujud komitmen mendukung hilirisasi industri berorientasi ekspor yang meningkatkan nilai tambah di Riau maupun Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja ekspor pulp dan kertas masing–masing sebesar 3,50 juta ton pulp dengan nilai sebesar USD1,72 miliar dan 4,35 juta ton kertas dengan nilai sebesar USD3,75 miliar. 

Sedangkan impor pulp dan kertas masing–masing sebesar 1,62 juta ton pulp dengan nilai sebesar USD1,27 miliar dan 0,72 juta ton kertas dengan nilai sebesar USD1,36 miliar.


(ABD)

Bos Napoli Lebih Khawatir dengan Inter Milan
Jelang Manchester City vs Napoli

Bos Napoli Lebih Khawatir dengan Inter Milan

13 minutes Ago

Bukan untuk meremehkan atau menomorduakan laga kontra City. De Laurentiis menyadari kalau kedua…

BERITA LAINNYA
Video /