Jokowi Minta Level Pelabuhan di Semua Area Sama

Angga Bratadharma    •    23 Mei 2015 14:19 WIB
pelabuhan
Jokowi Minta Level Pelabuhan di Semua Area Sama
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Terkait dengan pembangunan pelabuhan di sejumlah daerah di Tanah Air, yang merupakan rangkaian upaya pemerintah mewujudkan jalut tol laut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa pembangunan pelabuhan tersebut harus dalam level yang sama, baik di Indonesia Barat maupun Indonesia Timur.

"Kalau pembangunan itu tidak dalam posisi yang sama atau satu level, misalnya, yang bagus hanya di Tanjung Priok dan Tajung Perak, ya kapal kita yang gede hanya bisa bersandar di dua pelabuhan itu. Tidak ada artinya," kata Jokowi, seperti dikutip dari laman Setkab, di Jakarta, Sabtu (23/5/2015).

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi meminta agar pelabuhan yang berada di barat, tengah dan timur segala sesuatunya harus sama. Bahkan, luasnya sebisa mungkin mirip, dan fasilitasnya juga sama persis. Dengan itu diharapkan bisa dioperasikan dalam satu sistem.

“Negara lain juga begitu, ada sistem transportasi, sistem logistik, itu dikendalikan dalam satu tempat sehingga nanti biaya transportasi, biaya logistik semuanya akan jatuh,” terang Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini, jika hal tersebut bisa diwujudkan maka dalam kurun waktu tiga sampai empat tahun mendatang harga-harga di pasaran akan lebih murah. Perlu diketahui, biaya transportasi di Indonesia terbilang mahal bila dibandingkan dengan negara tetangga. Hal tersebut membuat harga barang menjadi tinggi.


(ABD)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /