Menristekdikti: Perguruan Tinggi Bodong Rugikan Mahasiswa

Intan fauzi    •    24 Mei 2015 12:05 WIB
pendidikan
Menristekdikti: Perguruan Tinggi Bodong Rugikan Mahasiswa
Menristek Dikti M Nasir--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak perguruan tinggi bodong dan penjualan ijazah palsu terungkap. Mahasiswa yang secara resmi terdaftar dalam perguruan tinggi tersebut terancam jadi korban.

"Mahasiswa mengalami problem juga, karena dilakukan dengan proses yang tidak benar. Mahasiswa jangan jadi korban, harus diselamatkan," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, Minggu (24/5/2015).

Hal ini harus dipertimbangkan. Karena jika Dikti langsung menutup perguruan tinggi bodong, mahasiswa yang serius menuntut ilmu akan dirugikan. 

Agar mahasiswa-mahasiswa tersebut dapat diselamatkan, perlu dihitung dahulu berapa jumlah mahasiswanya. Harus diperhitungkan, apakah mahasiswa ini bisa dipindahkan ke universitas lain. 

"Caranya buat formula apakah nanti akan dipindahakan ke universitas lain, nanti kita lihat jumlah mahasiswanya," terangnya.

Diketahui, ada belasan perguruan tinggi di Jabodetabek yang menjual ijazah palsu dengan mudah. Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi sendiri sudah menyidak dua PT yang diduga melakukan pelanggaran tersebut.

Dalam sidak, mereka menemukan bukti bahwa ada lulusannya yang hanya mengambil 6 hingga 30 SKS untuk mendapatkan ijazah dan membayar hingga Rp 16 juta. 


(SUR)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /