PBB: Sekitar 3.000 Rohingya Masih Terombang-ambing di Laut

Willy Haryono    •    24 Mei 2015 12:34 WIB
rohingya
PBB: Sekitar 3.000 Rohingya Masih Terombang-ambing di Laut
Sebuah kapal yang sempat mengangkut ribuan pengungsi Rohingya dibiarkan mengapung di perairan Aceh, 20 Mei 2015. AFP / ROMEO GACAD

Metrotvnews.com, Jenewa: Agensi pengungsian PBB (UNHCR) mengestimasi sekitar 3000 pengungsi dari etnis minoritas Rohingya dan Bangladesh masih terombang-ambing di Laut Andaman. 

Jumlah pastinya belum diketahui. Namun, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (23/4/2015), UNHCR mengaku telah mempelajari sejumlah laporan dan sumber lainnya, dan memperkirakan ada 3000 atau bahkan lebih pengungsi yang keselamatan hidupnya terancam. 

Lebih dari 3000 Rohingya melarikan diri karena terpinggirkan di Myanmar. Sementara pengungsi dari Bangladesh berusaha mencari kehidupan yang lebih baik karena hidup miskin di negaranya. 

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon mendorong negara di Asia Tenggara atasi akar permasalahan yang membuat pengungsi Rohingya bermigrasi.

Ban mengatakan, dia sudah membahas masalah darurat ini dengan para pemimpin di Myanmar, Malaysia dan Thailand. Ban meminta agar negara-negara itu melakukan pencarian dan penyelamatan bagi para pengungsi, selain juga memberikan penampungan serta reintegrasi.

"Sangat penting untuk menyelamatkan manusia," ujar Ban, yang melakukan lawatan ke Hanoi, Vietnam.

"Penting juga untuk tidak mengirim mereka (para pengungsi) kembali ke tempat mereka terancam situasi bahaya," lanjutnya.

Lebih dari 3.600 pengungsi yang merupakan warga etnis Rohingya dan Bangladesh, telah mendarat di Indonesia, Malaysia dan Thailand sejak 10 Mei 2015. Ribuan lainnya diyakini yang masih terdampar di laut.



(WIL)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /