Rangkuman Liga Primer Inggris 2014-2015

Mereka yang Mewakili Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan

Achmad Firdaus    •    25 Mei 2015 11:41 WIB
liga inggris
Mereka yang Mewakili Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan
Foto: Ist

Metrotvnews.com, Jakarta: Kompetisi Liga Primer Inggris 2014--2015 telah rampung, Minggu 24 Mei malam tadi WIB. Tim yang tampil sebagai juara, yang lolos ke Liga Champions dan Liga Europa, dan terdegradasi pun sudah diketahui.

Chelsea sudah memastikan diri tampil sebagai kampiun Liga Primer Inggris sejak pekan ke-35, yakni saat menang 1-0 atas Crystal Palace di Stamford Bridge.

Chelsea tampil sebagai juara dengan mengoleksi 87 poin atau unggul delapan angka dari Manchester City di peringkat kedua. Poin tersebut didapat anak-anak asuh Jose Mourinho usai meraih 26 kemenangan, sembilan hasil imbang, dan hanya tiga kali menelan kekalahan.

Berstatus sebagai juara, Chelsea dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. The Blues nantinya akan ditemani tim peringkat dua dan tiga, yakni Manchester City (79 poin) dan Arsenal (75 poin) untuk langsung bertarung di fase grup musim depan.

Sementara itu, Manchester United (70 poin) yang menempati peringkat empat harus terlebih dulu melewati babak play-off untuk bisa kembali berlaga di turnamen sepak bola paling prestisius di benua Eropa.

Pertarungan untuk memperebutkan tiket lolos ke ajang Liga Europa musim depan cukup menarik. Di pekan terakhir, Liverpool dan Tottenham bersaing untuk memperebutkan posisi lima klasemen -zona lolos ke Liga Europa.

Sial bagi Liverpool, mereka justru dibuat malu usai takluk 6-1 dari Stoke City. Sementara pada saat bersamaan, Tottenham Hotspur menang 0-1 atas Everton. Dengan demikian, Tottenham yang mengoleksi 64 poin berhak menggusur Liverpool (62) dari posisi lima, dan mengamankan tiket ke Liga Europa musim depan.

Bagaimana dengan Liverpool? Meski dari segi posisi (peringkat enam) mereka harusnya gagal tampil di Liga Europa, namun, The Kop sedikit beruntung karena "dibantu" Chelsea.

Mengapa bisa demikian? Liga Primer Inggris diketahui mendapatkan tiga jatah tiket ke Liga Europa. Tiket itu diambil dari tim peringkat lima liga, lalu juara Piala FA dan juara Piala Liga Inggris.

Nah, Chelsea diketahui tampil sebagai juara Piala Liga Inggris musim ini. Pasukan Jose Mourinho pun dipastikan tidak mengambil tiket tersebut karena akan tampil di event yang lebih prestisius, Liga Champions.

Menurut aturan, jika skenarionya demikian, maka, jatah tiket untuk juara Piala Liga Inggris akan diberikan kepada tim yang berada di peringkat enam, dan tim itu ialah Liverpool.

Satu tiket lain dari jalur Piala FA masih akan diperebutkan Arsenal dan Aston Villa yang akan mentas di final. Jika Aston Villa keluar sebagai juara, mereka berhak tampil di Liga Europa. Namun, jika Arsenal yang juara, maka jatah tiket tersebut akan diberikan kepada tim peringkat tujuh (Southampton), karena Arsenal tampil di Liga Champions.

Sebenarnya, Chelsea masih memiliki satu slot lain untuk berlaga di Liga Europa musim depan, yakni lewat jalur 'fair play'. Jadi, tim yang berada di posisi teratas dalam tabel klasemen tim fair play di musim 2014--2015 akan berhak tampil di babak kualifikasi Liga Europa.

Hingga saat ini, otoritas sepak bola Inggris belum mengumumkan tim tim fair play musim ini. Jika menilik tabel klasemen fair play, Liverpool (1126 poin) berada di urutan teratas, diikuti West Ham United (1125), Everton (1115), Manchester City (1113) dan Burnley (1112), Southampton (1111), Manchester United (1108), Leicester City (1101).

Melihat tabel di atas, West Ham dan Everton berpeluang besar mendapatkan jatah tiket lewat jalur fair play karena Liverpool, City, dan Manchester United sudah mendapatkan jatah tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Berikut tim yang akan mewakili Inggris di pentas Eropa musim depan:

Liga Champions
Lolos Otomatis: Chelsea (juara liga)
Lolos Otomatis: Manchester City (runner-up)
Lolos Otomatis: Arsenal (peringkat tiga)
Lewat Play-off: Manchester United (peringkat empat)

Liga Europa
Lolos Otomatis: Tottenham Hotspur (peringkat lima)
Lolos Otomatis: Liverpool (peringkat enam/menggantikan Chelsea sebagai juara Piala Liga Inggris)
Lolos Otomatis: Belum diketahui (Jalur Piala FA)
Lewat Kualifikasi: Belum diketahui (Tim Fair Play Liga Primer Inggris)


(ACF)