Genjot Investasi Demi Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal II

Husen Miftahudin    •    26 Mei 2015 13:05 WIB
pertumbuhan ekonomi
Genjot Investasi Demi Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal II
Menkeu Bambang Brodjonegoro -- FOTO: Antara/SIGID KURNIAWAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan Tiongkok berimbas kepada melambatnya pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Bahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2015 hanya mampu mencatatkan sebesar 4,71 persen atau melambat 0,43 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi di angka 5,14 persen.

Meskipun demikian, pemerintah tetap optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal II melihat kepercayaan pasar yang terus mendorong pertumbuhan investasi. Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II lebih tinggi dibandingkan kuartal I.

"Pemerintah tetap optimistis perekonomian Indonesia masih berpotensi mengalami pertumbuhan. Mudah-mudahan (pertumbuhan ekonomi kuartal II) lebih baik dari triwulan I," ungkap Bambang, dalam Indonesia Economic Outlook 2015, di Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).

Ia melanjutkan, pemerintah terus melakukan upaya dalam meningkatkan kepercayaan pasar untuk meningkatkan investasi yang masuk ke Indonesia. Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah dalam meningkatkan investasi demi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kami terus berupaya untuk menciptakan kepercayaan pasar dengan terus memberikan dorongan terhadap tumbuhnya investasi. Pemerintah tidak akan pernah surut berupaya secara strategis untuk mencapai pertumbuhan di atas lima persen," tutup Bambang singkat.

Sebelumnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi pada triwulan I-2015 mencapai Rp124,6 triliun atau naik sebesar 16,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp106,6 triliun. Dengan capaian tersebut, BKPM yakin target realisasi investasi secara keseluruhan pada tahun ini yang sebanyak Rp519,5 triliun dapat tercapai.


(AHL)

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan
Jelang Atletico Madrid vs AS Roma

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan

38 minutes Ago

Atletico Madrid wajib memenangi laga lanjutan Liga Champions matchday kelima atas AS Roma di St…

BERITA LAINNYA
Video /