Kemen PU Kebut Perbaikan Pantura dan Selatan

Patricia Vicka    •    26 Mei 2015 13:26 WIB
pantura
Kemen PU Kebut Perbaikan Pantura dan Selatan
Perbaikan jalur pantura wilayah Demak, Jateng, Anyt/ Yusuf Nugroho

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah segera menyelesaikan perbaikan jalur Pantai Utara (Pantura) dan Selatan sebelum memasuki bulan Ramadan 2015. Sehingga pengendara dapat melintasinya pada mudik Lebaran.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Perra) Basuki Hadi Muljono menargetkan pembangunan jalan selesai sebelum puasa.

"Kami sudah siapkan perencanaan (perbaikan dan pembangunan). Mudah-mudahan sebelum puasa sudah siap dan bisa dilewati," ujarnya di Universitas Gajah Mada (UGM), Selasa (26/5/2015).

Untuk mengejar target, pihaknya menelusuri Pantura bersama dengan kementerian terkait. "Tanggal 4 Juni besok pihak kami bersama kementerian Perhubungan dan Kapolri akan menelusuri Pantura. Kami berharap Tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116 km sudah bisa beroperasi saat mudik nanti. Sekarang sudah 95 persen rampung," tutur Basuki.

Untuk memecah kepadatan di jalur Pantura saat lebaran, pihaknya menargetkan mengebut penyelesaian proyek jalan Palimanan hingga Brebes Timur.

"Dari Palimanan ke Pejagan. Lalu dari Pejagan mudah-mudahan ke Brebes Timur. Jadi mudah-mudahan bisa memecah kemacetan di Jalur Pantai utara. Pantai Utara selama in menjadi puncak kemacetan," ucap Basuki.

Tak hanya jalanan, pihaknya juga akan merampungkan pembangunan dan perbaikan ratusan jembatan penghubung. "Kan ada 199 jembatan. Tinggal kurang satu yang belum rampung yakni jembatan Ciherang. Awal minggu lalu sudah mulai dicor dan menunggu waktu pembukaan beton. Tanggal 4 Juni sudah bisa dilalui," tutupnya.

Sedangkan untuk jalur selatan, pihaknya juga terus mengejar perbaikan jalan dari Brebes ke Purwokerto.
 


(RRN)

Video /