Target PE Tahun Depan 5,8-6,2% Dinilai Tak Realistis

Suci Sedya Utami    •    26 Mei 2015 13:53 WIB
rapbn 2016
Target PE Tahun Depan 5,8-6,2% Dinilai Tak Realistis
Ilustrasi. MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mengusulkan asumsi pertumbuhan ekonomi (PE) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2016 yang diajukan pada DPR pada kisaran 5,8-6,2 persen.

Namun, anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Willgo Zainar menilai angka tersebut dianggap terlalu optimistis dan diperkirakan sulit untuk dicapai. Mengingat tahun ini saja pada kuartal pertama, realisasinya di bawah target.

"Pertumbuhan ekonomi yang terlalu optimistis, sekarang saja pertumbuhan ekonominya hanya 4,71 persen," kata Willgo dalam Sidang Paripurna DPR RI ke-30 terkait pandangan fraksi mengenai pembahasan RAPBN 2016,  di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (26/5/2015).

Willgo mengatakan, partainya memandang angka pertumbuhan ekonomi yang realistis tahun depan yakni sebesar 5,5 persen. Itu pun bisa tercapai dengan catatan dorongan dari perbaikan ekonomi global.

"Kondisi ini pun dengan catatan diiringi ekonomi Tiongkok dan AS membaik," ujarnya.

Selain itu, Willgo melihat masih rendahnya harga komoditas di tingkat global membuat pertumbuhan ekonomi belum mampu ditargetkan dengan level yang tinggi. "Masih rendahnya tingkat konsumsi masyarakat karena depresiasi kurs dan juga harga barang yang melonjak juga akan mempengaruhi pertumbuhan," pungkasnya.


(WID)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /