Terbitkan Inpres, Jokowi Ingin Wujudkan Pemerintah Bersih

Mufti Sholih    •    26 Mei 2015 13:56 WIB
kasus korupsi
Terbitkan Inpres, Jokowi Ingin Wujudkan Pemerintah Bersih
Presiden Joko Widodo. Foto: Widodo S Jusuf/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo berharap bisa mewujudkan pemerintahan yang bersih. Harapan itu diwujudkan dengan menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2015.

"Dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih tindakan pencegahan tidak kalah pentingnya dalam penegakan hukum. Membangun sistem yang baik dan efektif menurut saya akan banyak mengurangi korupsi," kata Presiden Jokowi dalam sambutan penerbitan inpres di Kantor Bappenas, Jalan Taman Surapati, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).

Menurut Jokowi, inpres ini berisi 96 aksi yang harus diselesaikan pemerintah pusat dan daerah. Dimulai dari pencegahan hingga penegakan hukum.

"Saya ingin agar aksi-aksi di dalam inpres dilaksanakan sebaik-baiknya jangan hanya formalitas karena janji saya kemarin saya mau datang ke sini kalau ini tidak hanya formalitas, tetapi betul-betul ada aksi yang dilaksanakan," imbuh dia.

Dengan pemberlakuan inpres ini, Jokowi tak ingin ada keluhan lagi dari masyarakat. Dia enggan mendengar masih ada pungutan liar izin yang seharusnya bisa dikerjakan sehari dan mangkrak menjadi enam hingga delapan bulan.

"Dengan terbitnya inpres ini, saya ingin agar para aparat penegak hukum saya minta meningkatkan koordinasi dan sinergi dan pemerintah daerah dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi khususnya perizinan, transportansi barang dan jasa," tegas dia.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi pada 2015.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengatakan praktek korupsi adalah musuh bersama dan telah merambah ke berbagai lini penyelenggaraan negara. Sesuai dengan visi dan misi presiden, pemerintah selalu hadir membangun demokrasi bersih.

"Kami akan memperkuat kehadiran negara, oleh karena itu presiden mengeluarkan Inpres ini," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago di kantor Bappenas, Jalan Taman Surapati, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).


(KRI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

21 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /