Target Isu Beras Plastik Bulog

Surya Perkasa    •    26 Mei 2015 14:30 WIB
Target Isu Beras Plastik Bulog
Razia beras plastik di Depok, baru-baru ini.ANT/Berry Fatahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Isu beras plastik sengaja diembuskan kelompok tertentu. Targetnya, menghancurkan Bulog.

"Ini rekayasa untuk menghancurkan Bulog," kata anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Menurut dia, indikasi untuk menenggelamkan Bulog nyata. Apalagi, setelah ditemukan beras plastik pada beras untuk rakyat miskin (raskin).

"Raskin itu siapa penyelenggaranya? Bulog," terang Firman.


Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo.MI/Susanto

Politikus Golkar itu menduga, ada kelompok yang tak mau Bulog menjadi lembaga penyangga harga atau lembaga pangan nasional. Kelompok itu cemas tidak bisa lagi memainkan harga beras.

Menurut Firman, mafia adalah kelompok paling yang paling diuntungkan oleh gonjang-ganjing harga pangan, terlebih saat ini mekanisme pasar sangat dipengaruhi hukum supply-demand. (Baca: Mentan: Beras Plastik Tak Mungkin Menguntungkan)

Firman belum bisa menduga bagaimana ceritanya beras plastik bisa sampai ke pasaran. Namun, andai pelaku menggunakan cara impor legal, pasti akan muncul isu beras impor premium disusupi beras sintetis.

"Beras campuran itu indikasinya; Satu, disebarkan ke pasaran. Kedua, dimasukkan ke Bulog agar posisinya terpojok. Muncul ketidakpercayaan publik, sehingga pemerintah mengambil kebijakan bubarkan Bulog. Ini politiknya," terang dia.


Razia beras plastik.ANT/Berry Fatahilah
(ICH)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /