Bonus Demografi, Indonesia Bisa Kembangkan Bisnis Dalam Negeri

Husen Miftahudin    •    26 Mei 2015 14:35 WIB
pertumbuhan ekonomi
Bonus Demografi, Indonesia Bisa Kembangkan Bisnis Dalam Negeri
Ilustrasi. Antara/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: HSBC Global Research menilai, dengan bonus demografi usia produktif yang melimpah, Indonesia dapat memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, dengan bonus demografi tersebut, dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya dalam mengembangkan bisnis di dalam negeri.

Managing Director and Co-head of Asian Economic Research HSBC, Frederic Neumann mengatakan, di tengah tren usia produktif negara lain yang cenderung menurun, Indonesia justru kebanjiran usia produktif. Bahkan diprediksi pada 2030 mendatang, usia produktif di Indonesia akan mencapai 68-69 persen dari total populasi.

"Jumlah ini lebih tinggi di atas Tiongkok, Thailand, dan negara macan Asia seperti Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, dan Singapura. Ini menjadi implikasi positif bagi tumbuhnya produktivitas bisnis Indonesia di masa mendatang," ujar Frederic dalam Indonesia Economic Outlook 2015 di Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).

Meskipun begitu, lanjut dia, Indonesia juga menghadapi tantangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Saat ini, bonus demografi Indonesia tak terserap secara maksimal akibat sebagian besar SDM tak mengenyam pendidikan perguruan tinggi.

Frederic menyebut, jumlah SDM yang telah mengenyam pendidikan perguruan tinggi di Indonesia kalah jauh dibanding beberapa negara di Asia. Dalam hal ini, Indonesia tertinggal di bawah Hongkong, Jepang, Thailand dan Malaysia, meski secara perbandingan, Indonesia masih berada di atas Tiongkok, India, Vietnam dan Filipina.

"Sebab itu, pendidikan harus menjadi prioritas utama bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas SDM agar dapat mengembangkan bisnis di Tanah Air," pungkasnya.


(WID)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /