Menko Tedjo: Kekerasan di Papua tak Hanya Dilakukan Aparat

Yogi Bayu Aji    •    26 Mei 2015 14:44 WIB
papua
Menko Tedjo: Kekerasan di Papua tak Hanya Dilakukan Aparat
Menkopolhukam Laksamana (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Kekerasan di Papua tak melulu dilakukan aparat. Aparat malah kerap jadi korban kekerasan di Bumi Cendrawasih.

"Kekerasan di Papua tidak hanya dilakukan aparat. Tapi, di kedua belah pihak," kata Menkopolhukam Laksamana (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno dalam Seminar Nasional "Peluang, Tantangan, dan Hambatan atas Terbukanya Papua bagi Jurnalis Asing" di Wisma Antara, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).

Tedjo mencontohkan peristiwa yang terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti kunjungan kerja ke Papua, 8-11 Mei, ada tindakan anarkis warga terhadap aparat. "Ada serangan ke pos polisi. Petugas dikeroyok hingga dibacok warga," ujar dia.

Menurut dia, peristiwa semacam ini tidak hanya terjadi di Papua. Kejadian serupa, juga terjadi Pulau Jawa ataupun pulau lainnya.

Dia meminta media melihat kasus-kasus yang terjadi di Papua, secara utuh dan jelas. Tedjo meminta jurnalis yang bertugas di sana meliput peristiwa itu secara berimbang.

Pemerintah, lanjut dia, juga tidak akan melarang media meliput ke Papua. Tapi, dia menekankan agar para jurnalis mengikuti aturan main dengan baik. "Pertama, harus utamakan kepentingan nasional.  Kedua, Indonesia juga punya kedaulatan hukum dan teritorial yang harus dihormati," tekan dia.


(YDH)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

3 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /