Bambang Widjojanto Ancam Ajukan Praperadilan Lagi

Yogi Bayu Aji    •    26 Mei 2015 15:46 WIB
bambang widjojanto ditangkappraperadilan
Bambang Widjojanto Ancam Ajukan  Praperadilan Lagi
Bambang Widjojanto. MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto akan mendaftarkan lagi gugatan praperadilan. Pertimbangannya, karena tidak ada niat Polri menghentikan kasusnya.

"Rencananya kami akan daftarkan lagi praperadilan BW karena hingga saat ini belum juga ada itikad baik Polri," kata Kuasa Hukum Bambang Bahrain kepada wartawan, Selasa (26/5/2015).

Sebelumnya, BW mencabut praperadilan pada Rabu 20 Mei usai Komisi Pengawas Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) tak menemukan unsur pidana pada Bambang.

Atas dasar putusan Peradi, Bambang meminta Polri mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan menyuruh saksi memberikan keterangan palsu di pengadilan. Namun rupanya, kasus itu masih bergulir.

"Yang ada malah Kejaksaan nyatakan berkas sudah lengkap," jelas Bahrain.

Dia menilai, cepatnya proses pemberkasan kasus Bambang sebagai taktik kepolisian agar tidak digugat. Sebuah permohonan dinyatakan gugur bila perkara pokok sudah disidangkan.

"Bisa jadi Polri dan Jaksa mempercepat kasus sehingga agar masuk perkara pokok di pengadilan dan akan mengakibatkan gugurnya praperadilan Bambang," pungkas dia.

Bambang dijerat dalam kasus dugaan menyuruh saksi memberikan keterangan palsu dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2010. Saat itu, Bambang bertindak sebagai kuasa hukum calon Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar.

Politikus PDIP Sugianto Sabran, lawan Ujang di Pilkada Kotawaringin Barat menuding Bambang memerintahkan seorang saksi memberi keterangan palsu di persidangan. Dia melaporkan Bambang ke Mabes Polri pada 19 Januari.

Bambang akhirnya dikenai Pasal 242 ayat (1) KUHP tentang Sumpah Palsu dan Keterangan Palsu juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto Pasal 55 ayat (2) ke dua KUHP tentang Penyertaan Dalam Tindak Pidana juncto Pasal 56 KUHP tentang Pembantu Kejahatan.


(TRK)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /