Ini 4 Jurus Kembangkan Ekonomi Berbasis Maritim

Angga Bratadharma    •    26 Mei 2015 16:06 WIB
bank indonesia
Ini 4 Jurus Kembangkan Ekonomi Berbasis Maritim
Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa pengembangan ekonomi berbasis maritim memerlukan strategi yang komprehensif dan terfokus. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan daya saing, memperkuat daya dukung dan meningkatkan kesejahteraan. 

"Untuk mengembangkan dan membangun sektor maritim di Indonesia, fokus diarahkan pada empat hal," ungkap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Fokus empat hal yang dimaksudkan, yakni pertama penguatan kedaulatan maritim. Kedua, pengelolaan sumberdaya alam secara mandiri dan berkelanjutan. Ketiga, pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu. Keempat, pengembangan SDM, iptek dan budaya maritim. 

"Pembahasan terhadap strategi pengembangan maritim ini menunjukkan bahwa masing-masing pihak telah memiliki kesiapan untuk mempercepat implementasinya dalam mewujudkan ekonomi berbasis maritim," ungkap Tirta.

Sekadar diketahui, Bank Indonesia (BI) bersama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan koordinasi kebijakan dalam mendorong pengembangan ekonomi berbasis maritim. Hasil rapat koordinasi menyepakati sejumlah komitmen penting untuk mempercepat kebangkitan ekonomi maritim Indonesia melalui kebijakan-kebijakan yang konsisten.

Adapun komitmen yang disepakati, yakni pertama, memperkuat roadmap pengembangan maritim yang terintegrasi sejalan dengan lima keunggulan komparatif pembangunan kemaritiman di Indonesia (marine biodiversity, posisi geotektonik, wawasan nusantara dan kewilayahan, arus lintas indonesia, dan jalur pelayaran internasional ), serta memperkuat langkah-langkah monitoring dan koordinasi pengembangan ekonomi berbasis maritim.

Kedua, memperkuat upaya untuk mendorong pembiayaan, bank dan nonbank, ke sektor maritim, antara lain yaitu melakukan pembinaan klaster UMKM berbasis maritim dan mengembangkan berbagai model pembiayaan usaha, termasuk mengkaji pola hubungan usaha besar-UMKM yang saling menguntungkan, dan mendorong pendalaman pasar keuangan guna memperkuat peran pembiayaan nonbank.

Ketiga, mempercepat optimalisasi kebijakan-kebijakan dalam jangka pendek dengan kondisi yang ada, antara lain yakni memitigasi dampak jangka pendek dari kebijakan-kebijakan di bidang perikanan, dan menyediakan kapal untuk memperkuat kelancaran pasokan di wilayah KTI, khususnya menjelang Lebaran.

Keempat, meningkatkan produktivitas ekonomi kelautan dan perikanan, antara lain, melalui pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing, perbaikan iklim usaha yang kondusif dan inovasi iptek.

Kelima, mempercepat pembangunan infrastruktur poros maritim serta mengembangkan industri perkapalan dan pelayaran nasional. Pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim akan menjadi prioritas diantaranya dengan membangun tol laut, pelabuhan laut dalam (deep seaport), dan logistik serta menjamin ketersediaan listrik di daerah-daerah perbatasan.

Keenam, memperkuat peran serta pemerintah daerah secara sinergis dalam mendukung implementasi berbagai kebijakan pengembangan ekonomi berbasis maritim.



(ABD)

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan
Jelang Atletico Madrid vs AS Roma

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan

42 minutes Ago

Atletico Madrid wajib memenangi laga lanjutan Liga Champions matchday kelima atas AS Roma di St…

BERITA LAINNYA
Video /