PBB: Penyitaan Shabu di Asia-Pasifik Melonjak Drastis

Willy Haryono    •    26 Mei 2015 16:45 WIB
narkoba
PBB: Penyitaan Shabu di Asia-Pasifik Melonjak Drastis
Puluhan bungkus ephedrine, bahan baku pembuat shabu kristal. AFP / DANIEL ROLAND

Metrotvnews.com, Bangkok: Penyitaan narkotika jenis methamphetamine atau shabu di kawasan Asia-Pasifik telah melonjak empat kali lipat sejak lima tahun terakhir. Data ini dilontarkan agensi narkotika PBB (UNODC). 

"Integrasi pertumbuhan ekonomi di seluruh regional (Asia Pasifik) memungkinkan adanya jaringan kriminal lintas batas untuk bekerja sama menyelundupkan stimulan tipe amphetamine," tulis UNODC dalam laporannya, seperti dikutip AFP, Selasa (26/5/2015). 

Studi ini, yang dirilis di Bangkok, meliputi Asia Tenggara, Asia Timur dan Oceania. Asia Selatan tidak termasuk dalam studi ini. 

Berdasarkan data UNODC, jumlah penyitaan shabu antara 2008 dan 2013 di Asia-Pasifik meningkat dari 11 ke 42 ton. Meroketnya angka ini salah satunya diakibatkan produksi tablet shabu, yang dikenal di sebagian Asia dengan sebutan "yaba."

Shabu biasanya beredar dalam dua bentuk, yakni kristal atau dikenal di Australia dengan sebutan "ice," dan dalam bentuk tablet. 

Penyitaan shabu kristal di Asia Pasifik antara 2008 dan 2013 melonjak dua kali lipat, dari tujuh menjadi 14 ton. Sementara tablet shabu delapan kali lipat, dari 30 juta tablet di tahun 2008, menjadi 250 juta pada 2013. 

Populer di negara miskin seperti Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam, shabu kini mulai merambah ke negara yang lebih kaya. Korea Selatan, Malaysia dan Singapura, ucap UNODC, masing-masing melaporkan sejumlah penyitaan tablet shabu. 

"Kenaikan penyitaan ini mungkin sebagiannya diakibatkan langkah efektif aparat keamanan," tulis studi UNODC. 

"Namun kenaikan penyitaan juga berarti menandakan adanya perluasan manufaktur dan penyelundupan. Pasar narkotika saat ini sudah semakin terhubung antara satu regional ke regional lain," sambungnya. 



(WIL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /