BNPB Dorong Universitas Ciptakan Teknologi Penanggulangan Bencana

Patricia Vicka    •    26 Mei 2015 17:16 WIB
bencana
BNPB Dorong Universitas Ciptakan Teknologi Penanggulangan Bencana
Kepala BNPB Syamsul Maarif (kedua dari kiri) dalam pembukaan PIT riset kebencanaan 2015, di UGM, Yogyakarta, Selasa (26/5/2015). Foto: Metrotvnews.com/Patricia Vicka.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat berkontribusi aktif dalam mengurangi risiko bencana. Salah satunya dengan menghasilkan teknologi unggul dan inovatif dalam bidang kebencanaan.

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan pemda dan dunia usaha yang berada di daerah rawan bencana hendaknya menggunakan produk teknologi kebencanaan dalam negeri.

"BNPB sendiri sudah menggunakan beberapa produk buatan anak bangsa, seperti alat peringatan dini longsor, pesawat tanpa awak, dan alat pendeteksi tsunami," ujar Syamsul usai membuka pertemuan ilmiah tahunan Ikatan Ahli Bencana Indonesia, di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (26/5/2015).

Saat ini BNPB mengaku terbantu dengan alat kebencanaan yang diciptakan di dalam negeri. Semisal, alat pendeteksi keretakan tanah mampu mengidentifikasi sebanyak 50 persen daerah rawan longsor di Jawa Barat bagian selatan.

Meski begitu, inovasi teknologi kebencanaan tetap harus terus dihasilkan perguruan tinggi dan lembaga riset.

"Kita sudah kerjasama dengan beberapa kampus, seperti UGM, ITB, dan ITS dan Kemenristek. Salah satunya, produk early warning sistem. Namun, kami butuhnya beratus-ratus alat. Maka itu butuh kerja sama dengan berbagai pihak," terang Syamsul.

Pertemuan ilmiah tahunan Ikatan Ahli Bencana Indonesia 2015 diselenggarakan di Universitas Gajah Mada selama tiga hari sejak 26 Mei hingga 28 Mei 2015. Acara ini dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono dan Deputi bidang Pendayagunaan Iptek Kemenristek Dikti Pariatmono.
 


(UWA)


Moura: Tottenham Juara Liga Champions? Mengapa Tidak?
Liga Champions 2017--2018

Moura: Tottenham Juara Liga Champions? Mengapa Tidak?

4 hours Ago

Spurs terakhir kali meraih gelar juara pada 2008. Saat itu, mereka tampil sebagai kampiun usai …

BERITA LAINNYA
Video /