Ini Cara Wali Kota Risma Berantas Korupsi

Amaluddin    •    26 Mei 2015 21:21 WIB
antikorupsi
Ini Cara Wali Kota Risma Berantas Korupsi
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengecap kedua tangannya sebagai komitmen antikorupsi, Selasa (26/5/2015). Foto-foto: Metrotvnews.com/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menganggap korupsi sama bahayanya dengan narkoba. Pemberantasannya pun harus dilakukan hingga ke akar-akarnya.

Caranya, dengan memberdayakan peran perempuan sebagai garda depan pencegahan perilaku korupsi sejak dari keluarga.
 
"Korupsi ini bahaya dan mengerikan. Sama bahayanya dengan narkoba," ujar Risma saat membuka acara seminar KPK bertajuk 'Saya Perempuan Anti Korupsi', di pemkot Surabaya, Selasa (26/5/2015).
 
Risma menilai pemberantasan korupsi harus dilakukan tidak berat sebelah hanya pada penindakan. Namun, lebih penting adalah pencegahan.

"Menurut saya lebih baik mencegah. Perempuan mungkin lebih efektif berperan karena mudah mengomunikasikan ke anak dan keluarga agar tidak korupsi," katanya.
 
Di keluarga, Risma mengaku menerapkan pencegahan korupsi dengan terus menanamkan sifat jujur dan hidup sederhana. Bahkan, sebagai Wali Kota Surabaya, dia tak pernah bosan berpesan pada pejabat di bawahnya agar menghindari hidup berfoya-foya dan korupsi.
 
"Sebenarnya sudah rutin dalam setiap pertemuan saya bicara kepada mereka (pejabat pemkot). Saya bilang ke Kepala Dinas, Satpol PP, sampai Lurah, kita punya banyak harta untuk apa kalau dari hasil yang gak bener," katanya.
 
Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini menegaskan jika ada pejabat di bawahnya yang melakukan korupsi atau melakukan pungutan liar, dia langsung memecat dan mengumumkannya di setiap pertemuan.
 
"Ini pilihan. Kita harus siap menjadi PNS seperti ini. Maka dari itu, biasanya pejabat bermasalah kita tangani sendiri. Jika ada satu masalah kita tangani, maka ada efek jera bagi yang lain," pungkasnya.
 
Dalam seminar perempuan antikorupsi yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Surabaya itu, Risma didaulat sebagai contoh perempuan pelopor antikorupsi. Dalam kesempatan itu, Risma didaulat membuat cap tangan tanda penolakan perempuan pada korupsi.

"Mari kita ajak keluarga dan lingkungan bersama-sama memberantas korupsi," tulis Risma di selembar kain dengan dua cap tangan sebagai simbol perlawanan pada korupsi.
 


(UWA)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /