Menlu RI Temui Langsung WNI di Arab Saudi

Willy Haryono    •    27 Mei 2015 10:59 WIB
wni
Menlu RI Temui Langsung WNI di Arab Saudi
Menlu RI Retno Marsudi. MI / Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jeddah: Dalam rangkaian kunjungan ke Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi mengagendakan secara khusus pertemuan tatap muka dengan perwakilan masyarakat dan LSM Indonesia di wilayah kerja KJRI Jeddah, Selasa (26/5/2015).

Pertemuan dengan WNI yang terdiri dari unsur Buruh Migran Indonesia/BMI-SA, Posko PerlindunganTKI/PosperTKI,  Gerakan Pemuda (GP) Anshor, PCI-NU dan Forum Masyarakat Indonesia Jeddah (FORMIDA), diikuti Direktur Perlindungan WNI dan BHI serta Direktur Timur Tengah serta home staff KBRI dan KJRI Jeddah. Pertemuan berlangsung di Kantor KJRI Jeddah dan dipimpin langsung Konjen RI Jeddah, Bapak Dharmakirty Syailendra Putera. 

Menlu Retno menyampaikan beberapa hal, seperti tujuan kunjungannya ke Arab Saudi dalam rangka melaksanakan program prioritas Pemerintah RI, yang salah satunya meliputi upaya optimalisasi bidang Pelayanan dan Perlindungan WNI di luar negeri. 

Lebih lanjut, sang mentri menyampaikan apresiasi atas bantuan dan kerja sama satgas dan masyakarat Indonesia dalam memperluas pelayanan dan upaya perlindungan kepada WNI yang bermukim di berbagai wilayah di Arab Saudi.  Menlu juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan perwakilan RI memberikan bantuan pelayanan dan perlindungan di wilayah-wilayah yang tidak bisa dijangkau Perwakilan RI di Arab Saudi, diantaranya dalam mendiseminasikan informasi terkait kebijakan atau aturan hukum, baik yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI maupun Pemerintah setempat. 

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga menyampaikan apresiasi terhadap Perwakilan RI serta masyarakat terkait upaya evakuasi WNI dari Yaman yang sejak beberapa pekan ini dilanda konflik bersenjata. Di samping itu, Menlu Retno juga mendengar langsung masukan maupun permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh WNI di wilayah kerja Perwakilan RI. 

Dalam sesi penutup, Menlu Retno kembali mengingatkan masyarakat Indonesia yang berada di Arab Saudi untuk menghormati dan mentaati hukum berlaku, sebagaimana Indonesia meminta warga negara asing yang berada di Indonesia untuk menghormati hukum di RI. 

Usai pertemuan, masih didampingi oleh Konjen RI Jeddah beserta Wakeppri Riyadh dan sejumlah delegasi lainnya, Menlu Retno mengunjungi penampungan Tenaga Kerja Indonesia KJRI Jeddah (Shelter), serta melakukan tatap muka singkat dengan sejumlah WNI yang sedang menghadapi masalah hukum atau kekonsuleran. Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI berdialog seputar permasalahan yang dihadapi masing-masing pekerja Indonesia, menanyakan asal daerah, perkembangan penyelesasian masalah, kegiatan selama berada di shelter dan harapan-harapan mereka terhadap Pemerintah RI.

Dari kedua pertemuan, Menlu Retno berjanji menindaklanjuti masukan yang disampaikan masyarakat Indonesia dan hal-hal terkait permasalahan WNI di Arab Saudi, di antaranya melalui koordinasi dan komunikasi intens dan baik dengan Perwakilan RI maupun instansi terkait di Tanah Air. 

Kunjungan Menlu Retno ke Arab Saudi kali ini merupakan bagian rangkaian kunjungan kerja ke negara-negara Timur Tengah. Di hari yang sama, Menlu Retno akan melakukan kunjungan kehormatan ke Raja Arab Saudi serta bertemu Menlu Arab Saudi. 

Selain Arab Saudi, Menlu Retno juga akan melanjutkan kunjungan ke Qatar, dan kemudian Kuwait untuk mengikuti Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-42 di Kuwait City.


(WIL)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /