JK Minta PDAM Bikin 10 Juta Sambungan Pipa

Dheri Agriesta    •    27 Mei 2015 13:08 WIB
air minum
JK Minta PDAM Bikin 10 Juta Sambungan Pipa
Ilustrasi. MI/Bagus Suryo

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketersediaan air minum cukup penting bagi masyarakat. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk membangun 10 juta sambungan pipa air minum.

"Mari kita program bikin 10 juta sambungan baru dalam lima tahun. Itu yang harus dilaksanakan agar dapat lebih banyak orang menikmati air bersih dengan baik," kata JK di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/5/2015).

JK menyebut untuk seluruh Indonesia hanya 30 persen masyarakat yang mendapat sambungan air bersih. JK sadar ada ketidakadilan di beberapa kota terkait pemerataan air minum ini.

Karena tak meratanya sambungan air bersih ini, masyarakat membeli air kalengan dengan harga 40 ribu. Harga ini cukup mahal untuk masyarakat.

"Jadi saya bilang bangsa itu tidak adil apabila berbicara soal air karena itu tentu kita harus adil, karena air adalah milik bersama," tukas JK.

Tak hanya itu, JK juga menyorot pembahasan konsep dalam seminar-seminar yang kerap diadakan namun minim pelaksanaan. "Capek terlalu banyak seminar, pokoknya bagaimana pasang 10 juta sambungan pada lima tahun ini, dengan segala konsekuensi berbagai biaya tak usah dihitung, laksanakan saja," pungkas JK.

Dalam acara ini hadir Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan beberapa pejabat eselon Dinas PU.

Selain itu, WSC Forum and Exhibition dihadiri ahli, praktisi, lembaga donor internasional, pemerintah, dan swasta. Kegiatan ini menghimpun enam kegiatan utama, International Water Week, Municipal Solid Watse Management and Domestic Wastewater Management, Smart Planning for Heritage River Cities, National Urban Forum, Youth Program, dan Pemeran yang menampilkan kebijakan dan strategi pembangunan di bidang air, sanitasi, dan perkotaan beserta implementasinya.


(WID)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /