Sembilan Tahun Lumpur Lapindo

Peringati 9 Tahun Lapindo, Warga Gelar Festival Pulang Kampung

Rifai Pamone    •    28 Mei 2015 12:01 WIB
lumpur lapindo
Peringati 9 Tahun Lapindo, Warga Gelar Festival Pulang Kampung
Pusat semburan lumpur Lapindo, Ant/ Dwi Agus Setiawan

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Warga korban lumpur panas Sidoarjo, Jawa Timur, akan menggelar doa bersama di atas tanggul. Acara itu mengusung tema Festival Pulang Kampung.

Warga mempersiapkan peringatan sembilan tahun luapan lumpur Sidoarjo. Mereka juga menjadikan acara itu sebagai pengingat bagi pemerintah bahwa pembayaran uang ganti rugi korban luapan lumpur belum lunas.

"Seluruh harapan disampaikan dalam peringatan itu," kata Sastro, seorang korban lumpur, Kamis (28/5/2015).

Menurut Sastro, acara berlangsung sederhana. Anggarannya didapat secara swadaya. Mereka menggelar doa agar harapan para korban segera terealisasi.

Sembilan tahun lalu, tepatnya 29 Mei 2006. Pusat semburan mengeluarkan material rata-rata 30 meter per kubik per hari. Bahkan, semburannya terjadi hingga hari ini.

Lumpur merendam ribuan rumah warga di Sidoarjo. Banyak warga kehilangan rumah dan lahan pertanian. Mereka merugi secara ekonomi dan sosial.

PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ) dianggap bertanggung jawab karena pusat semburan berada dalam area eksploitasi perusahaan tersebut. MLJ pun memberikan dana kompensasi atas kejadian tersebut.

Namun pada 2014, MLJ mengatakan tak mampu lagi membayarnya. Alasannya, mereka mengalami kesulitan keuangan. Sehingga pemerintah pun mengambil alih pembayaran uang kompensasi yang tersisa Rp781 miliar.

Pemerintah menggunakan APBN untuk memberikan talangan pada MLJ. Lalu, MLJ menyerahkan seluruh sertifikat tanah area terdampak kepada pemerintah.

Bila dalam 4 tahun, dana Rp781 miliar tidak dilunasi, tanah akan disita pemerintah. Luas tanah yang jadi agunan tersebut adalah 641 hektar. Namun hingga berita ini dimuat, pemerintah belum juga mengucurkan dana tersebut ke warga.
 


(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /