Menteri BUMN Persilakan Pertamina Medika Kelola 70 RS BUMN

Husen Miftahudin    •    28 Mei 2015 14:58 WIB
pertamina
Menteri BUMN Persilakan Pertamina Medika Kelola 70 RS BUMN
Menteri BUMN Rini Soemarno. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan road map kepada perusahaan-perusahaan BUMN difokuskan untuk mengembangkan usaha bisnis perusahaan masing-masing.

Ia menyebut, saat ini sebanyak 119 perusahaan BUMN memiliki 70 rumah sakit (RS). Kepemilikan rumah sakit oleh perusahaan pelat merah itu membuat perusahaan tak fokus menjalankan bisnis intinya.

"Kalo punya core kesehatan kan waktunya akan terbagi dengan bisnis utamanya. Maka itu kita akan mengembangkan core bisnis dengan satu pengelola yang bisa me-manage 70 rumah sakit itu," ujar Rini, ditemui usai Penandatangan Kerjasama antar-BUMN, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat, Kamis (28/5/2015).

Menurut dia, kepemilikan rumah sakit tersebut tetap pada perusahaan BUMN masing-masing. Namun, hanya satu pengelola yang akan mengurusi rumah sakit milik perusahaan BUMN tersebut.

"Untuk rumah sakit, kepemilikannya tetap di BUMN itu sendiri. Tetapi operatornya akan ada satu operator manajemen rumah sakit saja," jelas Rini.

Salah satu pengelola kesehatan yang mampu me-manage seluruh rumah sakit milik perusahaan-perusahaan BUMN, sebut Rini, adalah Pertamina Medika. "Yang paling teruji memang rumah sakit Pertamina. Kemungkinan operatornya dari sana, Pertamina Medika," pungkas Rini.


(AHL)

Video /