3 Dampak Positif Peraturan Dana Perkebunan Kelapa Sawit

Annisa ayu artanti    •    28 Mei 2015 15:11 WIB
biofuel
3 Dampak Positif Peraturan Dana Perkebunan Kelapa Sawit
Kelapa Sawit (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2015 tentang Penghimpunan Dana Perkebunan dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 61 Tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Pemanfaatan Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Direktur Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan jika PP dan Perpres tersebut sudah benar-benar diberlakukan, maka ada beberapa keuntungan yang didapatkan. Adapun keuntungan tersebut, yakni pertama penambahan mandotori B-15 menjadi B-20 akan menjadi lancar.

"Ketika Biodiesel-15 jadi B-20, akan semakin lancar siapapun pemainnya," kata Rida, saat membuka Musyawarah Nasional ke-6 Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), di Auditorium PLN, Gedung PLN Pusat, Jalan Trunojoyo I Blok M, Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Kedua, dampak baik dari PP dan Perpres tersebut adalah adanya dampak baik dari sisi ketergantungan Indonesia atas impor Crude Palm Oil (CPO) yang akan berkurang sebanyak 20 persen.

"Ketergantungan impor berkurang minimun 20 persen di 2016. Devisa yang kita gunakan untuk belanja tidak ada. Harga CPO naik dengan sendirinya, yang saat ini harga CPO sedang turun," jelas dia.

Ketiga, pemberlakuan PP dan Perpres tersebut akan menyejahterakan para petani kelapa sawit. "Para petani jadi sejahtera. Pasar melihat pemerintah tidak serius menerapkan kebijakan ini, saya yakin CPO naik lagi," tutup  dia.



(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /