Kenali Kelainan Genital Sejak Dini

   •    28 Mei 2015 18:46 WIB
kesehatan
Kenali Kelainan Genital Sejak Dini
Dr. dr. Irfan Wahyudi, SpU (K). (Foto:Sumarni)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dampak buruk dari kelainan genital yang tidak segera diobati bisa menyebabkan infertilitas, tumor, bahkan kanker. Para orang tua khususnya yang memiliki anak pria, dianjurkan untuk mengenali dan memahami berbagai ragam kelainan pada anak laki-laki-nya sedini mungkin.

Menurut Dr. dr. Irfan Wahyudi, SpU (K), Ahli Urologi RS Siloam Asri, dalam seminar "Kenali dan Pahami Kelainan Genital pada Anak Laki-laki Sejak Dini!" menjelaskan, ada tiga kelainan bawaan penis dan satu kelainan bawaan testis, dimana kasus testis tidak turun ke buah zakar.

"Kelainan bawaan pada penis itu ada mikropenis atau penis yang berukuran kecil, hispospadia dimana lubang kencing tidak ada di ujung kepala penis, dan inconspicuous penis yaitu penis yang tampak kecil," ujarnya, Kamis (28/05/2015).

Ukuran panjang mikropenis kurang dari 2 sentimeter untuk anak yang baru lahir. Penyebab mikropenis adalah faktor hormonal saat anak masih dalam kandungan.

"Berbeda dengan mikropenis, inconspicuous penis memiliki panjang penis yang normal tetapi penis tampak tenggelam atau tidak terlihat," kata Dr. Irfan.

Sedangkan hipospadia, kelainan dimana sebagian besar anak memiliki bentuk batang penis yang melengkung dan lubang kencing tidak ada di ujung kepala seperti biasanya.

Kelainan genital ini bisa disebabkan dari faktor lahir prematur, berat badan bayi rendah saat masa kehamilan, diabetes saat kehamilan dan faktor genetik.

"Iya, 4 persen sampai 10 persen orangtuanya memiliki kelainan genital bisa berisiko anaknya pun terkena," tambahnya.

Anak yang memiliki kelainan genital harus segera ditindaklanjuti sebelum masa pubertas, seperti melakukan terapi bahkan operasi, agar tidak berdampak buruk ke depannya.

"Meskipun bukan kelainan yang mematikan, dan jarangan menimbulkan gangguan. Kelainan ini juga harus segera diatasi, dan orang tua harus cermat mengetahui dengan baik," jelasnya. (Sumarni)



(LOV)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /