Ini 2 Syarat Wajib Dipenuhi Calon Independen Pilkada Surabaya

Amaluddin    •    28 Mei 2015 20:47 WIB
pilkada serentak
Ini 2 Syarat Wajib Dipenuhi Calon Independen Pilkada Surabaya
Salah satu calon perseorangan sedang mengumpulkan dukungan. Antara.M Ali Khumaini

Metrotvnews.com, Surabaya: Calon perseorangan atau calon independen harus memenuhi dua persyaratan untuk bisa maju dalam Pilkada di kota Surabaya, Jawa Timur.

Di antaranya, calon independent harus mendapat dukungan 6,5 persen dari Data Agregat Kependudukan (DAK) di 31 kecamatan di Surabaya yang berjumlah 2.806.306 jiwa.

Komisioner KPU Kota Surabaya, Purnomo Satriyo, mengatakan bahwa calon perseorangan yang ingin maju dalam pilkada di Kota Surabaya harus memenuhi dua syarat yang berlaku.

"Pertama, calon Perseorangan harus melampirkan dukungan dari masyarakat sebanyak 182.410 tersebar di 16 Kecamatan se-Kota Surabaya," kata Purnomo, di Kantor KPU Kota Surabaya, Kamis (28/5/2015).

Kedua, calon harus melampirkan surat pernyataan dukungan dari masyarakat berupa hard copy tiga rangkap.

Purnomo menjelaskan calon perseorangan harus melampirkan dukungan berupa identitas seperti KTP, Paspor, dan KK sebanyak 182.410 yang tersebar di 16 kecamatan.

Nah, jumlah itu, kata dia, diambil berdasarkan 6,5 persen dari Data Agregat Kependudukan (DAK) di 31 kecamatan di Surabaya yang berjumlah 2.806.306 jiwa.
Selain itu, ribuan identitas pendukung tersebut juga harus dilampirkan hard copy sebanyak tiga rangkap rincian wilayah yang tersebar di 16 Kecamatan.

KPU tidak menentukan jumlah dukungan di masing-masing Kecamatan. Calon hanya diharuskan mendapat dukungan sebanyak 182.410 yang tersebar di 16 kecamatan.

Selanjutnya, kata Purnomo, dari persyaratan yang diberikan calon perseorangan itu, KPU segera memverifikasi untuk lebih lanjut. "Untuk verifikasi ada dua, yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual," jelasnya.

Verifikasi administrasi ditekankan pada cek akurasi jumlah dukungan dan sebarannya di 16 kecamatan. Untuk verifikasi faktual, KPU akan memeriksa validitas kependudukan. Tim verifikasi akan dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan.

"Kita pastikan pemilik identitas yang mendukung ini benar apa tidaknya. Kemudian sudah meninggal atau masih hidup. Apakah benar warga Surabaya atau warga luar Surabaya, dan seterusnya," tandasnya.

KPU Kota Surabaya akan membuka pendaftaran untuk calon perseorangan mulai 17 April sampai 15 Juni 2015. Calon Perseorangan harus memenuhi persyaratan sebelum berakhirnya jadwal pendaftaran yang telah ditentukan KPU.
 


(UWA)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

9 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /