Terancam Kekeringan, Cirebon Minta Aliran Waduk Jatigede

Sobih AW Adnan    •    28 Mei 2015 21:21 WIB
kekeringan
Terancam Kekeringan, Cirebon Minta Aliran Waduk Jatigede
Kabupaten Cirebon terancam kekeringan. Metrotvnews.com/Sobih Abdul

Metrotvnews.com, Cirebon: Pemerintah Kabupaten Cirebi meminta pemerintah pusat menyalurkan air dari waduk Jatigede, Sumedang, ke Cirebon.

Permintaan ini untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang akan melanda 13 kecamatan penghasil padi di Kabupaten Cirebon. Cirebon terancam kekeringan menghadapi musim kemarau saat ini.

"Permintaan ini sudah dilayangkan jauh-jauh hari, tapi tak pernah direspon," kata Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Muhidin, kepada Metrotvnews.com, Kamis (28/5/2015).

Pemkab Cirebon sudah memintah Kementerian Pertanian dan Kementerian PU dan Gubernur Jawa Barat untuk merealisasikan aliran itu.
 
“Karena ini menyangkut belasan wilayah yang merupakan penyumbang separuh dari total kebutuhan beras di Kabupaten Cirebon,” kata Muhidin.
 
Muhidin mengatakan 13 kecamatan yang terancam kekeringan antara lain Kecamatan Gegesik, Kaliwedi, Susukan, Ciwaringin, Gempol, Palimanan, Arjawinangun, Panguragan, Kapetakan, Suranenggala dan Gunungjati.
 
Total luas areal pertanian di Kabupaten Cirebon adalah 53.380 hektar. Sebanyak 25.170 hektarnya terdapat di 13 kecamatan tadi.
 
Selama ini, lanjut Muhidin, selain bergantung pada hujan, wilayah-wilayah yang terancam kekeringan tersebut juga hanya bisa mengandalkan aliran air dari Bendungan Rentang di Majalengka. Hal itu tidak berbanding seimbang dari kebutuhan yang ada.
 
“Dari Rentang itu juga dibagi sebesar 60 persen ke wilayah Indramayu. Kabupaten Cirebon hanya mendapatkan 40 persennya, bahkan bisa kurang,” ucapnya.
 
Akibat kekeringan, petani asal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, Kamid, 40, mengaku area sawahnya sudah tidak lagi teraliri air selama tiga pekan terakhir.

Akibatnya, padi yang ditanamnya tidak mengalami pertumbuhan yang baik. "Bibit yang ditebar pun tidak tumbuh dengan baik,” keluh Kamid.
 


(UWA)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

10 hours Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /