Sikapi Ijazah Palsu, Menpan RB Terbitkan Surat Edaran

Damar Iradat    •    29 Mei 2015 06:07 WIB
ijazah palsu
Sikapi Ijazah Palsu, Menpan RB Terbitkan Surat Edaran
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi M.E (kanan) memberikan pidato pengukuhan di Universitas Nasional (Unas), Jakarta, Sabtu (23/5). (FOTO: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ambil sikap terkait merebaknya isu ijazah palsu yang membuat resah berbagai kalangan. Kementerian binaan Menteri Yuddy Chrisnandi menerbitkan surat edaran untuk menanggulangi pengguna ijazah palsu yang disinyalir tak hanya ada kalangan masyarakat biasa tapi juga pejabat pemerintahan.

Surat edaran itu bernomor  03/2015 tentang Penanganan Ijazah Palsu ASN/TNI/POLRI di Lingkungan Instansi Pemerintah. "Penerbitan Surat Edaran tersebut bukti keseriusan pemerintah dalam menangani ijazah palsu, serta menegaskan komitmen pemerintah untuk menegakkan integritas di jajaran aparatur negara", ujar Karo Hukum, komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman di kantornya, Kamis (28/05/2015).

Menurut Herman, Menpan RB Yuddy Chrisnandi dalam surat edaran ini menegaskan, bagi yang terbukti menggunakan ijazah palsu diberikan sanksi sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku. "Menteri Yuddy juga menugaskan pejabat yang nenangani fungsi kepegawaian agar lebih teliti dalam memeriksa berkas persyaratan, termasuk keaslian ijazah dalam berbagai kegiatan pembinaan kepegawaian, seperti rekruitmen, kenaikan pangkat, pengangkatan dalam jabatan dan sebagainya," papar dia.

Surat Edaran ini akan ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, para Kepala LPNK, para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Non Struktural, para Gubernur, Bupati dan Walikota. Para pimpinan instansi tersebut pun diminta untuk menyampaikan laporan perkembangan pelaksanaan penanganan ijazah palsu kepada Menpan RB paling lambat Agustus 2015.

 


(OGI)

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho
Paulinho ke Barcelona

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho

7 hours Ago

Barca juga menyertakan klausul pengaktifan pemain yang bernama lengkap José Paulo Bezerr…

BERITA LAINNYA
Video /