Ini Manfaat Menunda Potong Tali Pusar Bayi Selama 3 Menit

   •    29 Mei 2015 11:33 WIB
kesehatanbayi
Ini Manfaat Menunda Potong Tali Pusar Bayi Selama 3 Menit
Menunda potong tali pusar beri manfaat kesehatan. (Foto:sheknows.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penelitian baru menunjukkan bahwa jika menunggu setidaknya tiga menit sebelum memotong tali pusar pada bayi yang baru lahir, bisa meningkatkan keterampilan dan koordinasi sosial khususnya bagi anak laki-laki.

Ini dikarenakan jika menunda menjepit memungkinkan zat besi dalam darah untuk masuk lebih banyak ke tubuh bayi, dan ini sangat penting untuk perkembangannya.

Penelitian sebelumnya juga mengaitkan kadar zat besi yang rendah pada bayi akan mengalami gangguan belajar, berbicara, pemahaman serta kondisi seperti attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Para peneliti telah menindaklanjuti penelitian itu dengan 263 anak yang baru lahir di Swedia sekitar empat tahun lalu. Hasilnya, mereka menemukan anak-anak yang sama cerdas terlepas dari ketika tali mereka telah dijepit, tetapi ada beberapa perbedaan penting.

"Perbedaan bisa dilihat dalam fungsi motorik halus," ujar Dr Ola Andersson, dari Uppsala University di Swedia.

Fungsi motorik halus merupakan koordinasi gerakan otot kecil yang melibatkan sinkronisasi tangan dan jari dengan mata. Keterampilan motorik halus diperlukan untuk tindakan seperti memnungut benda menggunakan antara ibu jari dan jari serta menulis dengan hati-hati.

Para peneliti menemukan mereka memiliki kemampuan sosial lebih baik dan dominan daripada yang tali pusarnya dipotong lebih awal.

Dr. Anderson juga menjelaskan bahwa tiga menit memang dapat mempengaruhi zat besi dalam darah di tubuh untuk waktu yang lama setelah lahir.

Sementara, ini hanya terjadi pada bayi laki-laki saja. Dr. Anderson menjelaskan, kekurangan zat besi lebih sering terjadi pada bayi laki-laki dibanding perempuan. "Bayi perempuan miliki lebih banyak zat besi ketika lahir," tuturnya.

Menunda memutus tali pusar selama tiga menit bisa membawa kelebihan zat besi sekitar 3,5 ons darah ke bayi. Ini setara dengan setengah galon darah untuk dewasa.

World Health Organisation (WHO) menyarankan untuk menunda setidaknya satu menit setelah bayi lahir atau hingga denyutnya berhenti terlihat untuk memotong tali pusar. 

Selain manfaat kesehatan, menunda memotong tali pusar bagi ibu bisa merasakan kesempatan untuk memeluk sang bayi untuk sementara saat ia dan bayinya masih terhubung dengan tali pusar. (Sumarni/Dailymail)


(LOV)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /