Oman Bidik Investasi Kilang di Riau

Annisa ayu artanti    •    29 Mei 2015 14:43 WIB
investasi
Oman Bidik Investasi Kilang di Riau
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang melakukan kajian terkait keinginan Negara Oman yang berminat membangun kilang di Riau. Kajian yang dilakukan seiring adanya usulan dari negara tersebut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengaku, memang sudah ada usulan terkait niat Oman untuk menanamkan investasi berupa kilang dan juga sebagai pen-supply minyak di Riau

"Ada usulan (Negara Oman). Kita mau semua tetap dikaji. Ke depan butuh empat kilang. 300 ribu barel masing-masing. Ada usulan dari negara penghasil seperti Iran, Irak Oman, Kuwait, Saudi," kata Wiratmaja, di Kantor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Jalan Cikini, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Wirat mengungkapkan, nantinya dari keempat negara tersebut akan dipilih mana yang baik dan nantinya diprioritaskan sebagai pen-supply. "Mana yang paling bagus tetap dikaji karena yang paling bagus karena itu yang dapat prioritas," ungkap dia.

Wirat menjelaskan, bilamana Oman terpilih tapi Oman harus tetap berpartner dengan National Oil Company (NOC) yang dalam hal ini adalah Pertamina. "Harus. Dengan mereka berpartnernya bisa-bisa saja. Tapi kan dari sisi pemerintah bisa dikaji dari sisi lokasi, kerja samanya," jelas dia.

Wirat menambahkan, bagaimana pun juga Pertamina merupakan offtaker terbesar, jadi memang perlu digabungkan. "Bagaimana karena kilang itu offtaker paling besar ya Pertamina. Jadi, harus dikombinasikan dengan Pertamina," tutup dia.

Sebagai informasi, kemarin, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, Negara Oman telah menyiapkan dana sebesar USD7 miliar atau sekitar Rp92,5 triliun untuk membangun kilang minyak di Riau. Kilang tersebut rencananya akan menghasilkan light product yang terintegrasi dengan industri Petrokimia dan akan Ground Breaking di 2016.


(ABD)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /