Menlu: Qatar Beri Komitmen Keuangan Bantu Pengungsi Rohingya

Fajar Nugraha    •    29 Mei 2015 15:25 WIB
rohingya
Menlu: Qatar Beri Komitmen Keuangan Bantu Pengungsi Rohingya
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan di Qatar (Foto: Dok. Kemenlu RI)

Metrotvnews.com, Doha: Di sela-sela rangkaian kunjungan ke Negara Teluk dan Timur Tengah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambangi Qatar. Dalam pertemuan bilateral, Qatar beri komitmen keuangan bantu upaya Indonesia untuk mengatasi pengungsi atau pencari suaka.
 
Menlu Retno pun melakukan kunjungan kehormatan ke Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al Thani, di Doha pada Kamis 28 Mei 2015. 
 
Pada kunjungan tersebut, secara khusus Menlu RI menyampaikan perkembangan masalah irregular migrants dan people trafficking yang sedang terjadi di Asia tenggara, khususnya langkah Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusian bagi para irregular migrants dan korban people trafficking. Menanggapi hal ini, Emir Qatar berikan komitmen bantuan sebesar USD50 juta untuk pembuatan tempat penampungan di Indonesia.
 
"Emir Qatar menyampaikan keprihatinannya terhadap nasib para pengungsi dari etnis Rohingya. Emir Qatar juga memberikan dukungan dan mengharapkan agar Indonesia dapat memfasilitasi penyelesaian masalah Rohingnya," sebut pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (29/5/2015).
 
Dalam isu bilateral, mantan Dubes RI untuk Belanda itu menyampaikan komitmen Indonesia untuk tingkatkan kerja sama di barbagai bidang khususnya kerja bidang ekonomi. Menlu mengharapkan Qatar dapat melakukan diversifikasi investasinya ke bidang infrastruktur seperti proyek bandara udara, pelabuhan, pembangkit listrik dan pembangunan jalan tol yang saat ini menjadi prioritas Pemerintah Indonesia. 
 
Emir Qatar pun memandang Indonesia sebagai negara penting mengingat Indonesia memiliki populasi umat Islam terbesar di dunia. Disampaikannya, hubungan kedua negara perlu terus ditingkatkan dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada, khususnya di bidang ekonomi. Dia menegaskan kesiapannya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi khususnya peningkatkan investasi Qatar di Indonesia.
 
Selain itu, Qatar turut menyambut baik usulan Menlu Retno terkait pemberian ketentuan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas oleh kedua negara agar segera ditindaklanjuti. Syekh Tamim juga juga mendukung usulan Menlu untuk memperkuat mekanisme kerangka bilateral kedua negara, termasuk memperbanyak pertemuan pada tingkat Menlu dan pejabat tinggi.
 
Selain bertemu Emir, Menlu RI juga melakukan pertemuan dengan Kepala  Qatar Investment Authority (QIA), Syekh Abdullah bin Mohamed bin Saud Al-Thani. Menlu mendorong agar Qatar menjadikan Indonesia sebagai tempat investasi alternatif dan berinvestasi di Indonesia di bidang infrastruktur, pertanian, energi, dan maritim.
 
Menanggapi hal ini, Kepala QIA menyampaikan kesiapannya untuk mencari peluang investasi di berbagai bidang di Indonesia. Kepala QIA mengharapkan proses reformasi regulasi investasi dapat segera terealiasi guna meningkatkan iklim dan kepastian investasi di Indonesia.
 
Sebelumnya di Kuwait pada 27 Mei 2015, Menlu RI melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Qatar, Khalid bin Mohammed Alattiyah. Dalam pertemuan kedua Menlu disepakati penguatan kerja sama bilateral termasuk mekaisme kerangka bilateral. Qatar sebagai Ketua Gulf Cooperation Council  (GCC) juga mendukung usulan mantan Dubes RI untuk Norwegia itu untuk membentuk strategic partnership antara Indonesia dan GCC. 
 
Hubungan diplomatik Indonesia-Qatar dimulai tahun 1976. Qatar merupakan salah satu mitra dagang Indonesia yang cukup penting di kawasan Teluk. Pada 2014, nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 1,68 miliar, dengan  nilai ekspor Indonesia sebesar USD92,25 juta dan impor sebesar USD93,37 juta. Indonesia merupakan mitra dagang Qatar nomor ketiga terbesar di ASEAN. Sedangkan investasi Qatar di Indonesia antara lain di bidang telekomunikasi dan real estate.   
 



(FJR)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /