Praperadilan

Alasan Novel Baswedan tak Gugat Status Tersangka

Deny Irwanto    •    29 Mei 2015 15:27 WIB
novel baswedan
Alasan Novel Baswedan tak Gugat Status Tersangka
Penyidik KPK Novel Baswedan menjalani sidang gugatan praperadilan di PN Jakarta Selatan, Jumat 29 Mei 2015. ANTARA FOTO/Reno Esnir.

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik KPK Novel Baswedan tidak mempermasalahkan penetapan tersangka kepadanya. Pertimbangan Novel, ia mengajukan permohonan praperadilan bukan untuk kepentingannya sendiri.

"Banyak yang bertanya pada saya mengapa tidak memperkarakan penetapan tersangka. Permohonan yang saya ajukan tidak semata-mata kepentingan saya saja yang ingin saya perjuangkan. Saya ingin proses dilakukan dengan cara yang baik ketika penetapan," kata Novel usai sidang praperadilan di  Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jumat (29/5/2015).

Dalam gugatan praperadilan, Novel menyoalkan penangkapan dan penahanan oleh penyidik Polri yang diduga tidak sesuai prosedur.

"Penahanan dan penggeledahan bermasalah itu saya rasa penting untuk saya pertanyakan untuk terciptanya proses penyidikan yang baik dan proses kontrol horizontal dari praperadilan dan optimal. Makannya, saya sampai sekarang belum mengajukan terkait penetapan tersangka," tambah Novel.

Novel mengatakan, penyidik Polri menangkapnya tanpa menunjukkan surat perintah penangkapan. Surat perintah penangkapan, menurutnya, tidak menyertakan alasan dan lokasi pemeriksaan.

"Sehingga, pada saat pemeriksaan ada pemindahan-pemindahan tempat dan hal-hal lain yang tidak saya sebut secara detail karena tadi sudah dibacakan secara lengkap," bebernya.

Permohonan praperadilan beregister perkara 37/pid.prap/2015 PN Jaksel ini meminta majelis hakim agar menyatakan penangkapan dan penahanan atas Novel Baswedan tidak sah.

Novel digelandang penyidik Bareskrim Polri pada Jumat 1 Mei dini hari dari kediamannya. Novel dijadikan tersangka atas kasus dugaan penembakan pencuri sarang burung walet saat menjabat Kasat Reskrim Polresta Bengkulu pada 2004.


(TRK)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /