Taiwan Ajukan Inisiatif untuk Atasi Konflik Laut China Selatan

Fajar Nugraha    •    30 Mei 2015 10:58 WIB
laut china selatan
Taiwan Ajukan Inisiatif untuk Atasi Konflik Laut China Selatan
Kapal perang dan kapal selam Tiongkok kerap beroperasi di Laut China Selatan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Taiwan mengajukan inisiatif perdamaian Laut China Selatan. Mereka melontarkan ide itu setelah melihat adanya ekskalasi antara pengklaim wilayah laut tersebut.
 
Taiwan menyebutkan pihaknya memiliki pengalaman sukses mendorong perdamaian di Laut China Timur, maka pada situasi yang semakin tegang di Laut China Selatan saat ini, dengan bersungguh-sungguh mengajukan, "Inisiatif Perdamaian Laut China Selatan". 
 
Berdasarkan keterangan tertulis Perwakilan Dagang Taiwan di Indonesia, yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (30/5/2015), meminta pihak-pihak yang terkait untuk:
 
Pertama, menahan diri, menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Laut Tiongkok Selatan, untuk terhindar dari setiap tindakan sepihak yang dapat meningkatkan ketegangan.
 
Kemudian Taiwan juga mendesak agar pihak pengklaim menghormati Piagam PBB dan hukum internasional yang terkait, termasuk prinsip-prinsip dan semangat konvensi PBB tentang hukum laut. Melalui dialog dan konsultasi untuk menyelesaikan sengketa secara damai, dan bersama sama menjaga keamanan dan kebebasan penerbangan di Laut China Selatan.
 
Taiwan juga meminta para pihak di wilayah sengketa dimasukkan ke dalam sistem dan langkah-langkah untuk memfasilitasi perdamaian dan kemakmuran di Laut China Selatan, misalnya melalui negosiasi membentuk mekanisme kerjasama kelautan atau mengatur kode etik.
 
Salah satu hal yang penting adalah mengesampingkan sengketa kedaulatan, pembentukan mekanisme kerja sama pengembangan sumber daya Laut China Selatan, perencanaan keseluruhan secara zonasi mengembangkan sumber daya laut tersebut.
 
Pada akhirnya, membangun koordinasi dan mekanisme kerja sama untuk perlindungan lingkungan Laut China Selatan, penelitian ilmiah, memerangi kejahatan di laut, bantuan bencana dan kemanusiaan, dianggap bisa merubah kondisi ketegangan yang terjadi.
 
Taiwan pun bersedia untuk melakukan upaya bersama sama dengan pihak terkait lainnya, menjalankan konsep dan semangat inisiatif perdamaian ini, untuk menyelesaikan sengketa Laut China Selatan, mengembangkan sumber daya Laut China Selatan, seperti Laut China Timur yang telah menjadi 'Lautan Perdamaian dan kerja sama'.

Tiongkok bersama Taiwan dan beberapa negara anggota ASEAN saling mengklaim wilayah Laut China Selatan. Wilayah laut ini dikabarkan kaya akan sumber daya alam dan merupakan perlintasan penting bagi kapal internasional.

(FJR)